Peringati HPN, Pengurus PWI Jateng Ziarah ke Makam Wartawan Senior

Rekomendasi

SEMARANG, MEMOJATENG – Rangkaian memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2022, jajaran pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jateng melaksanakan ziarah ke makam Drs Sutrisna di pemakaman Gunung Talang Kelurahan Bendan Duwur, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang, Selasa, (8/2).

Diketahui, Almarhum Drs Sutrisna merupakan wartawan senior yang juga mantan Ketua PWI Jateng periode 1980-1992 dan meninggal pada 1 Mei 2017 lalu.

Disampaikan oleh Ketua PWI Jateng, Amir Machmud NS, jika sebuah pertemanan dilandasi dengan hati dan rasa, maka akan berlangsung abadi, sebab dalam pertemanan akan mengalami pasang surut. Jika makna pertemanan direnungkan, maka akan semakin menambah erat tali silaturahmi.

“Jika memahami hakikat pertemanan dan dilandasi dengan hati dan rasa, maka kedepan akan dapat mensinergikan hubungan dalam berorganisasi dan dapat membesarkan organisasi profesi kita di PWI,” tandas Amir Machmud dalam pesan sambutannya sebelum do’a dan tabur bunga di makam Drs Sutrisna.

Selain itu, imbuhnya, bahwa tujuan ziarah ini adalah untuk mengenang keteladan almarhum saat menjadi wartawan maupun saat menjadi ketua PWI di Provinsi Jawa Tengah.

”Harapan kita bersama, agar generasi masa kini bisa meneladani pikiran, sikap, perilaku dan konsistensi almarhum sebagai sosok jurnalis dan bagaimana kiprah beliau ketika membangun serta membesarkan organisasi PWI,” ungkap Amir.

”Ini sebuah penghormatan sekaligus pengingat bagi kita atas sesuatu yang pasti, yaitu sebuah kematian,” pungkasnya.

Haru dan Terimakasih

Pada kesempatan itu, putra kedua almarhum, Krisnaji Satriawan yang juga wartawan salah satu media, mewakili keluarga mengaku terharu dan mengucapkan terimakasih atas kedatangan pengurus PWI Jateng dan jajaran untuk berziarah.

”Kami sangat terharu dan menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran bapak ibu, rekan – rekan jurnalis yang berziarah di makam bapak. Mohon dimaafkan jika selama hidup bapak telah membuat kesalahan,” kata Aji, sapaan akrabnya.

Aji juga mengatakan, sebagai jurnalis dirinya pun mengaku belajar dari sosok sang ayah yang mengajarkan tentang keteguhan dan integritas sebagai wartawan.

Usai Ketua PWI Jateng dan perwakilan keluarga menyampaikan pesan dan sambutan, kemudian dilanjutkan dengan do’a bersama yang dipimpin oleh H Agus Fathuddin Yusuf, juga ditujukan untuk para wartawan senior lain yang telah berpulang dan dilanjutkan dengan tabur bunga.

Hadir pada kesempatan itu, selain Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS, Wakil Ketua PWI Bidang Kerjasama Achmad Ris Ediyanto, Wakil Ketua Bidang Wartawan Multimedia Herry Pamungkas, dan sejumlah pengurus, Ketua Panitia HPN Solikun, Ketua SMSI Jateng Agus Toto Widyatmoko, ibu-ibu anggota IKWI, para jurnalis media cetak, online dan televisi.

Khotmil Quran

Usai ziarah, Sekretaris Panitia HPN 2022 Sunarto menambahkan, selain agenda ziarah, pada hari yang sama, Selasa sore ini diadakan Khotmil Quran di Sekretariat PWI Jateng (Gedung Pers).

Kegiatan itu dimulai dari Sholat Maghrib berjamaah, sambutan Ketua PWI, pembacaan Surat Addhuha-Annas, doa Khotmil Quran & tausiyah oleh Ketua MUI Jateng KH Ahmad Darodji, santunan anak yatim dan ramah tamah. (lim/sak)

BERITA TERKINI

BACA JUGA