Ratusan Personel TNI Dikerahkan Tangani Longsor di Pekalongan

Rekomendasi
Longsor Pekalongan
Personel TNI bergotong-royong bersama warga menangani longsor yang terjadi di Desa Kayupuring, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan. Foto: Memo Jateng

 

PEKALONGAN, MEMOJATENG – Ratusan personel TNI dari Kodim 0710 Pekalongan dibantu sejumlah relawan dan warga, bergotongroyong membersihkan material longsor yang menutup jalan di Desa Kayupuring, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Kamis (20/1) siang .

Petugas terpaksa menurunkan dua alat berat karena banyaknya material batu besar dan pepohonan yang menimbun jembatan.

Dandim Pekalongan Letkol CZI Hamonangan Lumban Toruan menjelaskan, dari belasan titik longsor, hanya tiga titik yang kondisinya parah dan membutuhkan alat berat untuk menanganinya.

Proses pembersihan material longsor ini ditargetkan selesai hingga tiga hari. Namun, saat ini pihaknya fokus pada pembersihan jalan agar segera bisa dilalui oleh warga, minimal kendaraan roda dua.

Sementara itu, Camat Petungkriyono, Hadi Surono menambahkan, longsor di Desa Kayupuring, Kecamatan Petungkriyono terjadi pada Selasa (18/1) malam. “Longsor yang berasal dari air bah sungai ini, menutup dan merusak akses jalan, terutama jembatan yang ada,” kata Hadi.

Bahkan, longsor susulan berulangkali terjadi dibeberapa titik lainnya, sehingga para relawan terjebak. Longsor susulan bahkan sempat memutus akses jalan dan kondisinya semakin parah pada Rabu (19/1) sore.

Setidaknya, ada 75 KK atau 300-an jiwa di dua pedukuhan yang terisolir akibat peristiwa ini. (tri/sak)

BERITA TERKINI

BACA JUGA