Bawa Kabur dan Setubuhi Bocah 13 Tahun, ABG Banyumas Dibekuk Polisi

Remaja asal Kecamatan Patikraja EV, didampingi penasehat hukumnya menjalani pemeriksaan di Sat Reskrim Polresta Banyumas, Kamis, 30 September 2021. (Foto: Istimewa)

Purwokerto | Memo Jateng
Remaja berinisial EV yang baru berusia 16 tahun asal Kecamatan Patikraja, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, harus berurusan dengan polisi. Maklum, ia diduga telah membawa kabur dan menyetubuhi seorang anak perempuan berinisial AN yang masih berusia 13 tahun, warga Kecamatan Purwokerto Barat.

Kasat Reskrim Polresta Banyumas Kompol Berry menjelaskan, peristiwa tersebut terungkap setelah menerima aduan dari orangtua korban.

“Korban tidak pulang sekitar seminggu. Setelah dicari oleh orangtuanya, korban sedang bersama tersangka, kemudian korban diajak pulang,” kata Berry kepada wartawan di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jumat (1/10/2021).

Sesampinya di rumah, korban ditanya orang tuanya mengenai apa saja yang dilakukan selama seminggu terakhir bersama tersangka. Korban awalnya hanya menjawab pergi bersama tersangka muter-muter menggunakan sepeda motor. Namun, setelah didesak, korban mengaku telah disetubuhi tersangka.

“Orangtuanya tanya selama ini tidur di mana dan udah ngapain aja dengan pelaku. Kemudian korban menangis sambil menjawab bahwa dia telah disetubuhi pelaku,” ujar Berry.

Persetebuhan itu, kata Berry, terjadi di sebuah rumah di Desa Tipar, Kecamatan Rawalo, Kabupaten Banyumas. Pelaku yang dicari berhasil ditangkap ketika sedang berada di rumah orang tuanya yang beralamat di Desa Kedungringin, Kecamatan Patikraja, Banyumas.

“Anggota Sat Reskrim melakukan penangkapan terhadap tersangka setelah dilakukan interogasi awal dan pelaku telah mengakui menyetubuhi korban di sebuah kamar rumah di Desa Tipar Rawalo Banyumas,” ujar Kasat Reskrim.

Atas perbuatannya tersangka dijerat Pasal 81 UU Nomor 35 Tahun 2014 Juncto UU Nomor 17 Tahun 2016 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU Nomor 1 Tahun 2016 tentang Perlindungan Anak dan atau Pasal 332 ayat (1) ke 1e.

“Saat ini, tersangka bersama barang bukti telah diamankan di Sat Reskrim Polresta Banyumas untuk mengikuti proses hukum selanjutnya,” jelas Kompol Berry. (kom/sm/rif)