Klaster PTM Jepara, 25 Siswa Plus 3 Guru MTs Terpapar Covid-19

Jepara | Memo Jateng
Sebanyak 25 siswa dan 3 guru di Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Desa Rengging, Kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, terpapar Covid-19.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Jepara Moh Ali menyampaikan, kasus Covid-19 ini terungkap dari program vaksinasi pelajar yang digelar pekan lalu. Saat itu, kata Ali, sebanyak 24 siswa diketahui tidak lolos skrining kesehatan.

Setelah dilakukan tes swab PCR, 18 siswa di antaranya terkonfirmasi positif Covid-19. Dalam perkembangannya, tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Jepara kemudian melakukan tracing kontak erat.

“Dari tracing kontak itu jumlah kasus positif Covid-19 di MTs Desa Rengging bertambah. Total 25 siswa dan 3 guru positif terpapar virus corona. Ini klaster sekolah,” jelas Ali, Rabu (22/9/2021).

Dihentikan Menurut Ali, mayoritas pasien positif Covid-19 dari klaster MTs Desa Rengging tersebut tercatat tak bergejala, sehingga mereka diperkenankan untuk menjalani isolasi mandiri.

“Karenanya PTM terbatas di MTs Desa Rengging dihentikan dan sementara kembali beraktivitas melalui daring,” pungkas Ali.

Sementara itu, Bupati Jepara Dian Kristiandi mengatakan, Pemkab Jepara pekan ini kembali menginstruksikan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar secara daring untuk menekan kasus Covid-19 di lingkungan sekolah.

“Belajar tatap muka untuk seluruh sekolah di Kabupaten Jepara kita hentikan dulu,” kata Bupati Jepara, Rabu (21/9/2021).

Dikatakan Andi, sapaan intim Dian Kristiandi, Pemkab Jepara saat ini difokuskan untuk melakukan evaluasi berkaca dari klaster PTM di MTs Desa Rengging. Pemkab Jepara tentunya tak mau kecolongan dengan bertambahnya kasus transmisi Covid-19 di sekolah lainnya.

Selain menjadi pembelajaran bagi setiap sekolah, orangtua pelajar juga dituntut untuk membiasakan disiplin protokol kesehatan di lingkungan keluarga.

“Kami akan melakukan evaluasi supaya tidak lagi terulang dan jika sudah terkendali PTM akan kembali digelar. Pihak sekolah selama ini terpantau sudah melaksanakan penerapan protokol kesehatan dengan baik,” kata Andi.

PTM terbatas untuk seluruh jenjang SD, SMP, dan SMA sudah beberapa pekan lalu digelar di Kabupaten Jepara seiring dengan penurunan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Pemkab Jepara juga menggenjot program vaksinasi untuk pelajar secara bertahap. (kom/rep)