Pikap Gagal Salip Lalu Tabrak Truk di Pekalongan, 1 Tewas

Tabrakan antara pikap dan truk di Tol Pemalang-Batang (Foto: Istimewa)

Pekalongan | Memo Jateng
Satu unit pikap menabrak truk di Tol Pekalongan siang tadi. Akibatnya kernet pikap tewas, sedangkan sopir mengalami luka ringan.

Kecelakaan itu terjadi di ruas jalan Pemalang Batang Toll Road (PBTR) di KM 33+200 jalur A, Minggu (19/9) pukul 10.00 WIB. Korban tewas bernama Hartanto (31) warga Cepogo, Boyolali, sedangkan sopir Ari Mawardi (22) dan sopir truk dibawa ke RS Aro Kota Pekalongan.

“Ada dua korbannya, satu meninggal di lokasi kejadian dan satu korban luka ringan dan keduanya telah dibawa ke RS Aro Kota Pekalongan,” kata Kasi Pelayanan Lalu Lintas PT PBTR, Nurudin Zakaria, saat dihubungi Minggu (19/9/2021).

Terpisah, Kasat Lantas Polres Pekalongan AKP Harman Rumenegge Sitorus menyebut peristiwa itu melibatkan pikap Mitsubishi L 300 H 1778 RV, dan truk BE 9236 BJ. Kala itu sopir pikap Dwi Mawardi melaju dari barat ke timur (Jakarta-Surabaya) dengan kecepatan sekitar 80 km/jam di jalur kiri (lajur lambat).

“Saat hendak menyalip truk Fuso ini, pengemudi berniat akan pindah ke lajur kanan. Namun, di saat bersamaan, di lajur kanan dari arah belakang melaju kendaraan lain dengan kecepatan tinggi. Hingga akhirnya membuat pengemudi pikap banting setir ke kiri,” kata Harman.

Pengemudi pikap L300 tidak jadi menyalip dan membanting setir ke kiri sehingga mengenai bagian samping kanan dari badan truk Fuso.

“Akibat banting setir ke kiri, mobil pikup menabrak badan truk Fuso, bagian kanan. Satu penumpang mobil pikup meninggal di lokasi kejadian akibat benturan keras,” kata Harman.

Kedua korban kini dibawa ke RS Aro Kota Pekalongan. Peristiwa ini sendiri masih ditangani Satlantas Polres Pekalongan. “Saya mengimbau untuk pengguna jalan raya senantiasa berhati-hati dan displin berlalu lintas, agar kejadian kecelakaan tidak terjadi,” pesan Harman. (rem/rep)