Wagub Jateng Lantik Pengurus Santri Gayeng Nusantara

Wagub Jateng Taj Yasin (barisan tengah nomor tiga dari kanan) berdampingan dengan Bupati Pekalongan Fadia Arafiq bersama para pengurus Santri Gayeng Nusantara Kabupaten Pekalongan yang baru saja dilantik. (Foto: Fira/Memo Jateng)

Doro | Memo Jateng
Pelantikan pengurus Santri Gayeng Nusantara (SGN) masa bakti 2021-2026 Kabupaten Pekalongan digelar pada Rabu (15/9/2021) siang, di Klinik Ryega, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan.

Pelantikan ini dilakukan langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen Zubair. Hadir pula dalam acara tersebut Bupati Pekalongan Fadia Arafiq dan Ketua SGN Kabupaten Pekalongan KH Sabilah Rosyad.

Taj Yasin yang juga Panglima Santri Gayeng Nusantara mengatakan bahwa SGN selalu berupaya bersinergi dengan pemerintah dalam menjaga NKRI. SGN, imbuh Taj Yasin, merupakan organisasi yang posisinya berada di tengah-tengah, agar bisa mengajak yang posisinya “kiri” ke tengah dan yang posisinya “kanan” juga ke tengah untuk memikirkan Indonesia.

“Santri Gayeng Nusantara merupakan organisasi yang posisinya berada ditengah-tengah, jadi bisa merangkul semuanya, seperti yang tertera pada nama organisasi kita yaitu ‘Gayeng’ yang artinya enak diajak ngomong siapa saja, bisa berkumpul dengan siapa saja dan komunikasi dengan siapa saja,” ujarnya.

Bupati Fadia Arafiq pada acara pelantikan tersebut mengatakan, dirinya yakin SGN akan dapat memberikan banyak manfaat kepada masyarakat Kabupaten Pekalongan.

“Yang dilantik tadi istilahnya bukan anak-anak baru, melainkan para tokoh masyarakat yang hebat-hebat. Jadi SGN pasti akan besar di Kabupaten Pekalongan, dan juga pasti akan memberikan banyak manfaat,” tutur Bupati Fadia.

Adapun rangkaian agenda kegiatan pelantikan SGN Kabupaten Pekalongan sudah dimulai sejak Minggu (12/9/2021) dengan digelarnya khitan massal yang diikuti belasan anak yatim piatu serta kaum dhuafa di Klinik Ryega.

Pada Rabu (15/9/2021) pagi digelar vaksinasi yang juga bertempat di klinik Ryega. Lalu puncaknya pada Rabu siang yaitu pelantikan Pengurus Santri Gayeng Nusantara. Kemudian agenda ditutup dengan goes bersama menuju Wisata Black Canyon Petungkriyono pada Kamis (16/9/2021) pagi. (fir/rif)