4 Kali dalam 2 Bulan Bong Cino Pekalongan Kebakaran, Jangan Sembarangan Buang Puntung Rokok!

Petugaas pemadam kebakaran Kota Pekalongan berjibaku menjinakkan api yang melalap lahan di Bong Cino. (Foto: pekalongankota.go.id)

Pekalongan | Memo Jateng
Dalam waktu dua bulan terakhir, sejak Agustus hingga pertengahan September 2021, setidaknya telah terjadi 4 peristiwa kebakaran lahan di Pekalongan. Ini berdasarkan catatan dari pemadam kebaran (Damkar) Kota Pekalongan.

Kebakaran lahan mayoritas terjadi di sekitar pemakaman Thionghoa (Bong Cino), Kuripan, Kecamatan Pekalongan Selatan, Jawa Tengah.

“Salah satu penyebab berulangkali terjadinya kebakaran di Bong Cino adalah dari puntung rokok yang dibuang sembarang oleh warga. Selain itu, ilalang yang cukup tinggi dan kondisi kering sehingga mudah terbakar serta menjalar di beberapa titik yang ada di area pemakaman tersebut,” kata Kasatpol PP Kota Pekalongan Sri Budi Santoso, Senin (13/9/2021).

Melihat kondisi yang cukup membahayakan itu, pihaknya mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak lagi membuang puntung rokok sembarangan. Pasalnya dengan membuang puntung rokok sembarangan, bisa memicu terjadinya kebakaran dan dikhawatirkan bisa meluas ke area sekitar.

Menurutnya, kesadaran masyarakat masih minim terkait hal ini. Banyak yang tidak menganggap kebiasaan kecil seperti membuang puntung sembarangan padahal itu berdampak pada lingkungan. Terutama jika puntung rokok yang masih ada bara apinya jatuh di lahan atau ilalang yang sangat kering, secara perlahan bisa membakar.

Sehingga perlu adanya partisipasi seluruh masyarakat agar senantiasa berhati-hati. Sekalipun itu ilalang dan letak lokasi yang terisolasi, tetapi dengan kondisi alam, dan arah angin bisa memungkinkan akan terjadi kebakaran yang bisa saja menyebar ke permukiman atau bangunan gedung perkantoran di dekat jalan tersebut.

Pihaknya meminta kepada masyarakat bisa saling mengingatkan di lokasi tersebut, apabila ada aktivitas warga yang bisa berpotensi menyebabkan kebakaran atau sedang merokok, seyogyanya tidak membuang puntung rokok sembarang di area tersebut. (tri/rep)