Diduga Ada Oknum Kades Jadi Suplier Program Sembako di Pekalongan

Kajen I Memo Jateng
Salah seorang oknum Kepala Desa (Kades) di wilayah Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah, diduga  menjadi pemasok komoditi beras pada Bantuan Pangan Nontunai (BPNT) program sembako di wilayah Kabupaten Pekalongan. Informasi ini diperoleh dari sumber salah seorang pengurus e-warung penyalur sembako ke KPM. Saat dikonfirmasi melalui pesan singkat media ini, kades TS mengiyakan jadi supplier beras.

“Sejak mulai salur bulan Juli,”jelas oknum Kades TS kepada media ini, baru-baru ini. Ia juga menjelaskan, menjadi supplier BPNT dengan atas nama CV. Dan beras yang dikirim merupakan beras lokal dari wilayah Wiradesa, Kabupaten Pekalongan.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pekalongan, Rahmawati mengatakan, pihaknya akan mengecek terlebih dahulu akan kebenaran informasi tersebut. Pihaknya baru bisa mengecek Senin (13/9/2021) dan akan mengkoordinasikan dengan koordinator daerah (korda).

“Senin (13/9/2021) akan saya koordinasikan terlebih dahulu,”kata Kepala Dinas Sosial, Rahmawati pada media ini, Sabtu (11/9/2021) melelaui pesan singkatnya.

Pihaknya juga akan mengecek pada e-warong terkait adanya oknum kades yang jadi supplier tersebut. Sebagaimana bunyi pada pedoman umum (pedoman umum), aparat ASN termasuk diantaranya Kades yang dilarang menjadi e-Warong, mengelola e-Warong maupun menjadi pemasok e-Warong. (hin/jec/rif)