Disporapar Kendal Izinkan 9 Tempat Wisata Buka Dengan Syarat

Objek wisata River Walk Boja Kendal. (Foto: Dok)

Kendal | Memo Jateng
Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kendal mengizinkan 9 tempat wisata buka saat PPKM level 2, yakni Omahe Opa, River Walk, Kolam Renang Tirto Arum Baru, Pantai Indah Kemangi, Kolam Renang Boja, Pantai Cahaya, Pantai Sendang Sikucing, Curug Sewu dan Pantai Ngebum.

Plt Kepala Disporapar Kendal Wahyu Yusuf Akhmadi mengatakan, sejauh ini baru 20 dari 41 tempat wisata yang mengajukan daftar periksa protokol kesehatan untuk dibuka. Akan tetapi, hanya 9 tempat wisata yang lolos verifikasi sehingga diperbolehkan buka sejak, Sabtu (4/9/2021) kemarin.

Beberapa tempat wisata lain yang menyusulkan daftar persyaratan diminta untuk melengkapinya. Mulai dari skema reservasi online, ketersediaan pos screening, juga posko kesehatan wisata.

“Kami syaratkan adanya reservasi online agar tidak terjadi kerumunan dengan membatasi jumlah pengunjung. Juga screening vaksinasi, kita upayakan ke aplikasi Peduli Lindungi,” terangnya, Minggu (5/9/2021).

Selain itu, pihaknya juga menerjunkan tim untuk monitoring dan mengawasi protokol kesehatan setiap wisata yang buka. Apabila ditemukan pengelola wisata atau pengunjung tidak disiplin protokol kesehatan, tempat wisata yang bersangkutan akan ditutup.

Ia juga berharap setiap tempat wisata berkomitmen untuk membatasi pengunjung yang tidak bisa menunjukkan bukti vaksinasi. Kecuali anak-anak usia di bawah 12 tahun sepanjang bersama orangtua atau keluarga yang sudah divaksin.

“Komitmen bersama kalau yang belum divaksin, tidak boleh masuk wisata,” tuturnya.

Terpisah, Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan, pembukaan tempat wisata secara bertahap dilakukan seiring penurunan kasus Covid-19 di Kendal. Beberapa fasilitas umum seperti tempat olahraga juga akan dibuka secara perlahan. Dico tidak ingin masyarakat Kendal lengah sehingga berpotensi terjadi lonjakan kasus baru.

“Ya bertahap kita akan buka fasilitas umum seperti stadion dan gor tempat olahraga. Yang jelas masyarakat harus tetap mematuhi protokol kesehatan selama pandemi Covid-19 belum berakhir,” tegasnya. (tri/reb)