Dikunjungi Bupati Batang, Rumah Mustini Langsung Direnovasi

Bupati Batang Wihaji di rumah Mustini yang akan direnovasi. (Foto: Istimewa)

Batang | Memo Jateng
Hari ini mungkin menjadi yang tidak terlupakan bagi Ibu Mustini (55), seorang janda, warga Desa Kebumen, Kecamatan Tersono, Kabupaten Batang. Nenek yang hidup hanya bersama cucu perempuannya, tidak menyangka akan dikunjungi oleh Bupati Batang Wihaji.

Mustini yang sehari-hari berkerja sebagai buruh pembuat emping mlinjo tidak bisa menyembunyikan wajahnya dari kebahagiaan, karena rumahnya yang hampir roboh mendapatkan bantuan renovasi dari Bupati Batang Wihaji.

“Rumah ini akan dibantu dengan program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebesar Rp12.500.000, dan akan dikerjakan secara gotong royong oleh warga desa,” kata Bupati Batang Wihaji saat ditemui di Rumah Ibu Mustini Desa Kebumen, Kecamatan Tersono, Kabupaten Batang, Rabu (1/9/2021).

Renovasi sendiri, lanjut dia, tidak semuanya memakai bahan yang baru jika masih ada kayu-kayu yang masih bisa dipakai lagi monggo dipakai saja agar rumahnya bisa layak huni.

Disela-sela obrolan Bupati Batang Wihaji juga menanyakan apakah masih punya hutang. Ibu Mustini mengatakan, ia punya utang Rp2.000.000, buat mencukupi kebutuhan sehari-hari, tetapi sudah diangsur sisanya tinggal Rp700.000.

Dalam kesempatan itu Bupati Batang Wihaji memberikan bantuan uang tunai sebesar Rp1.000.000 untuk membayar dan sisanya untuk kebutuhan sehari-hari. Bupati Batang juga memberikan beasiswa kepada cucunya sebesar Rp250.000. (hum/rip)