Kasus Corona di Kabupaten Pekalongan Kini Turun Drastis

Kajen | Memo Jateng
Perkembangan kasus pandemi Covid-19 di Kabupaten Pekalongan mengalami penurunan drastis selama 2 minggu belakangan ini. Seperti dikatakan oleh Kepala Bidang P2P Bambang Ruswanto kepada Tim Memo Jateng pada Senin (30/8/2021) bahwa Kabupaten Pekalongan sudah masuk level 3, bahkan kemungkinan besar akan masuk level 2.

Menurut data perkecamatan sampai dengan 28 Agustus 2021, tidak ada zonasi kecamatan merah di Kabupaten Pekalongan, yang ada hanya zona orange, kuning, dan hijau. Adapun untuk zona hijau yakni ditempati oleh Kecamatan Karangdadap, Lebakbarang, serta Siwalan.

Bambang Ruswanto mengatakan bahwa kasus Covid-19 di Kabupaten Pekalongan sempat mengalami kenaikan pasca lebaran sampai 2 bulan dan baru mengalami penurunan pada bulan Agustus.

“Pasca Lebaran sampai 2 bulan Covid-19 di Kabupaten Pekalongan berada dipuncaknya, namun memasuki bulan Agustus Covid-19 mulai mengalami penurunan,” ujar Bambang.

Bambang juga menambahkan faktor yang menjadi pendukung untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 sehingga kasus Covid-19 di Kabupaten Pekalongan bisa mengalami penurunan adalah adanya pemberlakuan PPKM.

Disamping itu dari pihak dinas kesehatan juga terus melaksanakan penyuluhan dan edukasi kepada masyarakat tentang 6M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga Jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, menghindari makan bersama) serta 3T (tracing, testing, treatment) yang dibantu oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Adapun update terkini data kasus Covid-19 di Kabupaten Pekalongan per 28 Agustus 2021 yakni terkonfirmasi komulatif 7.897 orang, kasus aktif 59 orang (dirawat 7, isolasi mandiri 52), sembuh 7.283 orang, meninggal 555 orang. (fir/rif)