Pengurus Askab PSSI Pekalongan Dilantik, Sepakbola Kota Santri Menggeliat Lagi

Pengurus Askab Kabupaten Pekalongan berfoto bersama Bupati Pekalongan Fadia Arafiq dan jajaran Forkopimda setelah pelantikan dan lunching tim Persekap. (Foto: Fir/Memo Jateng)

Kajen | Memo Jateng
Persepakbolaan Kabupaten Pekalongan kembali bergairah. Cabang olahraga paling digemari di muka bumi ini di masa lalu adalah bagian dari denyut nadi Kota Santri, sebagaimana daerah di sekujur Pantura juga menggilainya.

Guna menata struktur pembinaan persepakbolaan di kabupaten Pekalongan, Kamis (26/8/2021) sore kemarin di Aula Setda Lantai 1, pengurus Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Pekalongan pun dilantik.

Pada kesempatan tersebut hadir Bupati Fadia Arafiq beserta Wakil Bupati Pekalongan Riswadi, Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Hindun, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Pekalongan, perwakilan dari Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Tengah Dwi Purwanto yang sekaligus melantik, serta Ketua Umum Askab PSSI Pekalongan.

Acara diawali dengan dikumandangkan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan Mars PSSI dan berakhir dengan penyerahan pataka Asosiasi Kabupaten PSSI oleh Dwi Purwanto kepada Ketua Umum Askab PSSI Pekalongan Candra Saputra.

Ketua Askab PSSI Pekalongan Candra Saputra mengatakan, pengurus yang dilantik untuk masa bhakti 2021-2025 ini terdiri dari beberapa institusi dan juga dari ASN, maupun pecinta bola di Kabupaten Pekalongan.

“Susunan pengurus Askab PSSI Pekalongan ini terdiri dari beberapa institusi dan juga dari ASN maupun pecinta bola di Kabupaten Pekalongan. Disini kami duduk bersama, kami sama-sama semangat untuk memajukan sepakbola Kabupaten Pekalongan,” ujarnya.

Bupati Fadia juga menyambut dengan semangat pembentukan pengurus baru Askab PSSI Pekalongan ini. Pihaknya berharap agar Askab PSSI Pekalongan bisa membawa nama baik Kabupaten Pekalongan.

“Saya berharap kepada Askab ini bisa membawa nama baik Kabupaten Pekalongan dan juga bisa lebih mengembangkan dunia sepakbola di Kabupaten Pekalongan,” tutur Bupati Fadia.

Selain pelantikan pengurus, Askab PSSI Pekalongan juga melakukan launching tim Persekap Pekalongan yang akan maju mengikuti Liga 3 PSSI pada Oktober 2021 mendatang.

Setelah pelantikan pengurus Askab, menurut rencana Persekap bakal melakukan seleksi pemain, dan berkoordinasi dengan Pemkab Pekalongan perihal pendanaan dan manajerial tim.

Ikut sertanya Persekap di Liga 3 tahun ini supaya masyarakat di Kota Santri bangga timnya bisa bertanding di salah satu liga sepak bola di Tanah Air.

Sebab pada perhelatan serupa musim lalu, tim yang bermarkas di Stadion Widya Manggala Krida ini tidak ikut berkompetisi lantaran ada beberapa kendala, salah satunya finansial. Padahal, sejak lahir pada 4 September 1949, Persekap pernah disegani tim-tim di Jawa. (fir/rif)