Desa Batursari Mranggen Terbaik Lomba Kampung Juara Demak, Hadiahnya Rp 200 Juta

Bupati Demak Hj Eisti’anah memberikan hadiah kepada Perwakilan Desa Batursari Kecamatan Mranggen yang menjadi juara pertama pada lomba kampung juara tingkat Kabupaten Demak 2021, Kamis 26 Agustus 2021. Foto: (suaramerdeka.com)

Demak | Memo Jateng
Lomba Kampung Juara yang digelar Dinas Perumahan dan Permukiman (Dinperkim) Kabupaten Demak berhasil mendorong percepatan pembangunan desa dan meningkatkan kualitas lingkungan perkampungan menjadi kampung impian.

Lomba yang diikuti 16 kampung se-Kabupaten Demak tersebut juga terbukti mampu menggerakkan partisipasi dan swadaya masyarakat untuk ikut memajukan lingkungannya.

“Tentu ini sangat menggembirakan bagi Pemerintah Kabupaten Demak dan bagi masyarakat yang desanya ikut lomba,” kata Bupati Demak Hj Eisti’anah sebelum penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba kampung juara di Pendapa kabupaten, Kamis (26/8).

Tampil sebagai yang terbaik pada lomba kampung juara adalah Kampung Pesona Pujatim Desa Batursari RT 2 dan RT 3 RW 21 Kecamatan Mranggen.

Kampung tersebut pun mendapat hadiah trofi dan uang pembangunan sebesar Rp 200 juta dari Pemkab Demak. Hadiah diserahkan Bupati Hj Eisti’anah didampingi Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Dinperkim) Akhmad Sugiharto.

Di posisi kedua diraih Kampung Gang Damai Desa Buko RT 3/RW 4 Kecamatan Wedung dengan meraih hadiah Rp 170 juta. Disusul Kampung Damai Desa Ploso RT 5/RW 3 Kecamatan Karangtengah yang mendapatkan hadiah sebesar Rp 130 juta.

Adapun juara harapan 1, 2 dan tiga masing-masing mendapat hadiah Rp 100 juta diraih oleh Desa Batursari RT 3/RW 10 Kecamatan Mranggen, kemudian Desa Kendureng RT 1/RW 3 Kecamatan Wedung dan Kelurahan Kadilangu RT 1/RW 2 Kecamatan Demak.

Bupati menyampaikan ucapkan selamat kepada para pemenang lomba kampung juara dan berharap dapat mempertahankan serta mengembangkan apa yang saat ini telah raih.

“Semoga dengan keberhasilan dan pencapaian yang luar biasa ini dapat menginspirasi, memotivasi dan menggerakkan tumbuhnya kampung-kampung impian baru di Kabupaten Demak,” kata bupati.

Di antara tujuan lomba adalah adanya peningkatan kebersihan dan keindahan wilayah. Tujuan tersebut juga menjadi salah satu prioritas program unggulan Pemerintah Kabupaten Demak. Itu semua akan terwujud apabila ada rasa peduli dan cinta terhadap lingkungan.

Di antaranya dengan menjaga kebersihan lingkungan, infrastruktur seperti jalan, drainase, pengelolaan sampah serta kebersihan ruang publik.

“Sejalan dengan kriteria penilaian kampung juara, melalui event ini saya berharap akan terjadi perubahan pada kampung-kampung lainnya,” ujarnya. (SM/rip)