Melihat Aksi Wakil Bupati Kendal Memakamkan Jenazah Covid-19

Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki (jongkok, bertopi) ikut memakamkan warga Desa Sidomukti Weleri yang meninggal akibat Covid-19. (Foto: iNews.id)

Kendal | Memo Jateng

Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki ikut memakamkan warga Desa Sidomukti Weleri yang meninggal akibat Covid-19 di pemakaman setempat. Windu mengenakan alat pelindung diri (APD) dan bergabung dengan tim pemakaman Covid-19.

Ketika jenazah warganya yang meninggal saat menjalani isolasi mandiri di rumah tiba di pemakaman umum, Wakil Bupati  bergegas  ikut mengangkat peti jenazah tanpa ada rasa takut dan canggung.

Bersama tim pemakaman Covid-19, Basuki juga ikut menurunkan peti jenazah ke liang lahat yang sudah disiapkan. Menurut Basuki, masyarakat khususnya di Kabupaten Kendal agar tidak menjauhi atau takut jika ada warga atau tetangga yang meninggal karena Covid-19.

Dengan menggunakan alat pelindung diri, masyarakat bisa ikut membantu pemakaman asalkan sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat.

Dia mengatakan bahwa dirinya mendatangi warganya yang kesusahan apalagi meninggal dunia sebagai bentuk  terima kasih sudah mendukung menjadi Wakil Bupati Kendal.

“Saya tampil dengan penuh tekad. Sebuah keberanian tentunya saya dasari dengan kematangan dan pengalaman. Kemarin kakak saya meninggal dan saya tampil untuk pemakaman,” kata Basuki, Minggu (8/8/2021).

“Karena apa? masyarakat perlu kehadiran kita agar keluarga yang ditinggalkan merasa sedikit terobati kehadiran saya selaku Wakil Bupati Kendal,” katanya.

Menurutnya,  warga untuk tidak takut dan panik dalam menghadapi Covid-19 ini, apalagi ada warga yang terpapar Covid-19 terus dikucilkan atau dijauhi. Dia mengatakan, semua percaya kalau Covid-19 itu ada, tapi tidak perlu berlebihan dalam menyikapi.

“Cukup dengan menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari, terutama memakai masker. Itu yang penting,” katanya. (inew/tin)