Vaksin Menipis, Target Vaksinasi di Kendal Terancam Gagal


Bupati Kendal Dico M Ganinduto saat mengecek ketersediaan vaksin Covid-19. (Foto: iNews)

Kendal | Memo Jateng

Target capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kendal sebesar 50 persen di bulan Agustus 2021 terancam gagal. Pelaksanaan vaksinasi kemungkinan tersendat karena stok vaksin menipis.  Saat ini, vaksin yang tersedia hanya untuk dosis kedua. Sedangkan tambahan vaksin 500 vial bakal habis dua hari ke depan.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan, tambahan dari pemerintah pusat sebesar 500 vial atau 5.000 dosis.  Tambahan vaksin sejumlah itu, diperkirakan akan habis untuk pelaksanaan vaksinasi tahap pertama selama dua hari ke depan. Sedangkan stok vaksin tahap kedua masih tersedia dan siap diberikan di lima sentra vaksinasi di Kendal.

Kemampuan Kabupaten Kendal dalam sehari bisa menyuntik sekitar 10.000 orang. Jika jumlah vaksin terbatas, maka target 50 persen warga Kendal divaksin pada bulan Agustus 2021 tidak akan tercapai.

“Kami berharap pemerintah pusat segera mengirim vaksin sesuai permintaan di Kendal. Banyak masyarakat yang menanyakan kapan divaksin karena antusiasme tinggi,” kata Dico M Ganinduto, Senin (2/8/2021).

Bupati memastikan warga yang belum divaksin nantinya tetap dilayani, namun menunggu kiriman vaksin dari pusat. Sentra vaksinasi Kabupaten Kendal di lima lokasi kini hanya melayani penyuntikan dosis kedua.

Sedangkan tambahan vaksin untuk tahap pertama, akan diberikan kepada warga binaan lapas, mahasiswa, serta sebagian masyarakat di Kendal. (inew/rep)