90 Ribu Warga Brebes Menanti Bansos Dampak PPKM Level 4

Ilustrasi penyaluran bansos paket sembako dalam kaitan dengan PPKM. (Foto: rakyatnesia.com)

Brebes | Memo Jateng

Sebanyak 90 ribu warga ditargetkan menerima bantuan sosial (bansos) paket beras di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Puluhan ribu warga tersebut terdampak penerapan PPKM Level 4 pandemi covid-19.

Asisten I Sekda Brebes, Apriyanto Sudarmoko, mengatakan ada 90 ribu sasaran yang tercatat harus menerima bansos. Pihaknya tengah menghimpun bantuan dari berbagai pihak, seperti perusahaan-perusahaan melalui dana CSR, BUMD, Baznas, Kemensos dan pemerintah daerah.

“Dari perusahaan paling baru ada 20 ribu paket beras secara angka, belum tahu nanti realisasinya berapa. Masing-masing kami minta seribu paket melalui dana CSR. Kami sudah berkirim surat ke perusahaan-perusahaan,” kata Apriyanto, Jumat (23/7/2021, seperti dilansir dari medcom.id.

Pihaknya masih mendata jumlah bantuan yang mulai masuk ke Pemkab Brebes. Saat ini baru terkumpul kurang lebih 30 ribu paket beras dari berbagai instansi.

“Kalau bantuan dari Baznas Brebes akan dibagikan dengan masing-masing desa mendapat jatah 20 paket beras yang masing-masing berisi 5 kilogram. Kemudian Kodim 0713 Brebes juga sudah ada sekitar 30 ton beras,” lanjut Apriyanto.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Brebes, Masfuri, mengungkapkan sudah ada beberapa pihak yang menjanjikan memberikan bantuan paket beras. Totalnya ada sekitar 18 ribu paket, termasuk dari Kementerian Sosial (Kemensos) sebanyak 3 ribu paket beras.

“Sekarang masih pendataan jumlah yang masuk ke kami. Nantinya kalau sudah ada atau terealisasi segera disalurkan ke tiap-tiap kecamatan,” kata Masfuri.

Masfuri menyebutkan, selain bantuan 5 kilogram beras untuk warga terdampak, penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) juga akan mendapatkan tambahan 10 kilogram beras dari pemerintah. Tambahan tersebut merupakan bantuan di luar jumlah yang biasa mereka terima.

“Untuk PKH dan BST nanti tambahan 10 kilogram dari pemerintah untuk masing-masing penerima. Ada sekitar 110 ribu penerima PKH yang menerima tambahan bantuan tersebut, dan ada sekitar 80 ribu penerima BST yang akan menerima tambahan bantuan,” jelasnya. (med/rea