Penjualan Kambing Kurban di Kendal Naik Dibanding Tahun Lalu

0 1
Ilustrasi kambing kurban. (Foto: republika.co.id)

Kendal | Memo Jateng

Selagi penjualan hewan kurban di beberapa tempat mengalami penurunan, di Kendal justru berbeda. Penjualan hewan kambing untuk kurban pada tahun ini meningkat dibanding tahun lalu. Hal ini dialami Sajidin, penjual kambing di Desa Sidorejo Kecamatan Brangsong Kendal yang saat ini penjualannya sudah melampaui tahun lalu.

Katanya, pada tahun 2020 lalu hanya menjual kambing 50 ekor, namun sekarang sudah lebih dari 50 ekor kambing, padahal Hari Raya Idul Adha masih beberapa hari lagi. Penjualan hewan kurban biasanya mulai ramai pada H-10 dan terus meningkat hingga puncaknya pada H-1.

“Sekarang sudah terjual lebih dari 50 ekor kambing, padahal masih ada beberapa hari lagi sampai Lebaran Kurban dan yang sudah pesan juga banyak,” katanya kepada swarakendal.com.

Menurutnya, penjualan hewan kurban tahun ini meningkat, karena calon jamaah haji yang batal berangkat tahun ini, kemungkinan melakukan kurban di kampung. Selain itu, kondisi perekonomian tahun ini sudah lebih baik dibandingkan ketika awal pandemi tahun lalu.

“Kalau menurut saya, para calon jamaah haji yang tidak jadi berangkat tahun ini melakukan kurban di kampung,” ujarnya.

Sajidin mengatakan, harga kambing kurban tahun ini juga mengalami kenaikan dibanding tahun lalu. Kenaikannya sekitar Rp 300 ribu sampai 500 ribu per ekor. Harga kambing saat ini mulai Rp 3 juta sampai 5 jutaan per ekor, tergantung besar kecilnya kambing.

“Untuk kambing jenis gembel harga mulai Rp 2,5 juta,” ujarnya.

Menyikapi adanya PPKM, ia juga menjual kambing secara online. Promosinya melalui media sosial fesbuk dan WA. Bagi calon pembeli bisa melihat hewan kurban melalui foto kambing sesuai harga yang diinginkan.

Namun sebelum terjadi transaksi, calon pembeli tetap harus datang ke tempat untuk melihat langsung hewan kurban yang akan dibeli.

“Kalau tidak datang ya pembayaran ditransfer dulu dan ketika kambing diantar tidak sesuai, maka bisa ditukar atau dibatalkan dan uang dikembalikan utuh,” jelasnya. (swa/rep)

Leave A Reply

Your email address will not be published.