Gibran Positif Covid-19, Warga Solo Kirimkan Doa

Solo | Memo Jateng

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka positif Covid-19. Gibran mengungkapkan kasus Covid-19 yang dialaminya usai menjalani tes PCR di RSUD Bung Karno akhir pekan lalu.

Kabar itu langsung menyebar di berbagai sosial media. Warga Solo serta netizen langsung mengirimkan doa untuk kesembuhan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu.

Diberitakan sebelumnya, dalam konferensi pers melalui Zoom Rabu (14/7/2021), Gibran mengungkapkan kasus Covid-19 yang dialaminya. Ia mengaku menjalani tes PCR di RSUD Bung Karno akhir pekan lalu.

Sebenarnya, ia telah menjalani tes antigen dan hasilnya negatif. Namun Gibran tak percaya dan meminta petugas kesehatan RSUD Bung Karno mengambil sampel swabnya untuk dites PCR. Hasilnya, Gibran ternyata positif terpapar virus Corona.

“Hasil swab itu keluar Senin pagi kalau enggak salah. Senin pagi atau Minggu ya? Senin pagi kalau enggak salah,” jelas Gibran kepada wartawan via Zoom.

Sementara itu, Gibran memastikan tetap bekerja meski terkonfirmasi positif Corona dan tengah menjalani isolasi mandiri di suatu tempat.

Gibran mengaku dalam kondisi sehat dan tanpa gejala. Ia menegaskan tetap menjalankan tugas harian sebagai wali kota Solo dari tempat isolasinya.

“Ya, pekerjaan tidak masalah karena bisa bekerja dari rumah. Rapat-rapat juga dengan Zoom. Kalau nanti butuh tanda tangan basah baru dikirimkan. Ya, enggak apa-apa. Toh pekerjaan di masa-masa Covid-19 ini juga enggak terlalu banyak volumenya,” katanya.

Ia juga sudah melakukan koordinasi dengan Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa dan Sekretaris Daerah Ahyani lebih aktif turun ke lokasi rawan untuk memastikan penanganan Covid-19 berjalan dengan baik.

“Saya juga minta ajudan untuk tetap ‘muter’ keliling Solo untuk membagikan sembako kepada warga yang membutuhkan,” ujar Gibran.

Selain Wali Kota Gibran, sejumlah pegawai negeri sipil di lingkungan Pemkot Solo juga sempat dinyatakan positif Covid-19.

Ketua Pelaksana Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo, Ahyani, mengatakan bahwa Gibran diketahui positif pada Rabu (14/7) ketika pihaknya sedang melakukan penelusuran kontak sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Solo.

“Pak Wali Kota termasuk di urutan kontak terakhir dari penelusuran di Balai Kota,” kata Ahyani saat jumpa pers virtual, Rabu (14/7). (cep/cnn/ant/rep)