DPRD Demak Minta Pemakaman Jenazah Covid-19 Sesuai SOP

0 1
Ilustrasi pemakaman Covid-19 di Demak. (Foto: infopublik.id)

Demak | Memo Jateng

DPRD Kabupaten Demak meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) memperhatikan proses pemakaman jenazah terindikasi Covid-19 agar sesuai standar operasional dan prosedur (SOP). Ini untuk memastikan penanganan korban Covid-19 tetap mendasarkan kaidah yang benar.

Ketua DPRD Demak Fahrudin Bisri Slamet (FBS) menyampaikan, Dinkes Pemkab Demak juga harus melakukan publikasi dan edukasi ke masyarakat tentang SOP dalam pemakaman jenazah korban Covid-19.

Dengan demikian, tidak terjadi kesimpangsiuran di masyarakat terkait SOP pemakaman jenazah tersebut.

“DPRD juga berharap agar Dinkes membuat sekretariat atau sentral tim pasukan khusus pemakaman (Paskuman) Covid-19. Itu supaya memudahkan pelayanan masyarakat,” katanya di sela rapat paripurna kemarin.

Rapat dengan agenda persetujuan raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2020. Terkait dengan honorarium Paskuman yang bertugas memakamkan korban Covid-19, DPRD berharap BPKPAD dapat menyelesaikannya.

Slamet menambahkan, Dinkes juga perlu melakukan sinergitas dengan puskesmas, serta selalu meningkatkan kinerja pelayanan terkait penanganan Covid-19. DPRD juga minta agar rumah sakit pemerintah, baik RSUD Sunan Kalijaga maupun Sultan Fatah Karangawen, membuat SOP dan langkah taktis bilamana terjadi kondisi darurat. Semisal banyak tenaga kesehatan (nakes) yang sakit saat pandemi Covid-19 ini.

“Dengan begitu, pelayanan kesehatan tetap berjalan dengan baik,” harapnya.

Slamet menambahkan, aparat Satpol PP diminta menggelar intensif melaksanakan patroli pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat.

“Selain itu, lakukan sosialisasi hingga ke desa-desa,” katanya.

Dalam menghadapi pandemi Covid-19, DPRD berharap Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinkes dapat merencanakan kegiatan dan menyusun anggaran secara cermat.

Dengan demikian, tidak terjadi miskomunikasi yang dapat mengakibatkan anggaran tidak terserap maksimal.

“Dinkes juga harus melakukan stok opname secara berkala terhadap bahan-bahan untuk penanganan Covid-19,” ujar Slamet. (rase/rep)

Leave A Reply

Your email address will not be published.