BNN Kendal Ungkap 8 Kasus Penyalahgunaan Narkoba

0 4
Kepala BNN Kendal saat memberi keterangan dalam rangka HANI di Kantor BNN Kabupaten Kendal Senin 28 Juni 2021. (Foto: ayosemarang.com)

Kendal | Memo Jateng

Dalam kurun waktu 6 bulan terakhir, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Kendal telah berhasil mengungkap 8 kasus penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba).

Delapan kasus tersebut oleh Tim Asesmen Terpadu (TAT)  BNN langsung diserahkan ke Polres Kendal untuk penananganan kasusnya.

“Ada delapan pelaku, rata-rata pengedar dan penyalahguna atau pecandu Narkoba. Untuk pengedar diproses secara hukum sedangkan pecandu akan dilakukan rehabilitasi ke Klinik Bina Waras. Tapi biasanya, pasien minta dirujuk ke RUSD dr Soewondo Kendal,”  kata Kepala BNN Kendal, Anna Setiyawati saat peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI), Senin 28 Juni 2021.

Anna Setiyawati mengatakan,  selain menangani penyalahgunaan, BNN juga aktif melakukan pencegahan. Salah satunya dengan membentuk Desa Bersih Narkoba (Bersinar).

Program tersebut merupakan implementasi dari kegiatan pencegahan dan pembrantasan penyalahgunaan dan perederan gelap narkoba (P4GN).

Salah satu sasaran desa Bersinar yang sudah dilaksanakan adalah di Desa Sumberejo, Kecamatan Kaliwungu. Dipilihnya Sumberejo salah satunya merupakan daerah perbatasan antara Kendal-Kota Semarang. Sehingga rentan terjadinya transaksi.

Selain itu karena Sumberejo memenuhi delapan kriteria pokok dan lima kriteria tambahan sebagai pilot project Desa Bersinar skala prioritas nasional.

Adapun kegiatan yang sudah dilaksanakan di Desa Sumberejo, yakni Melaksanakan penganggaran dana desa (DD) untuk kegiatan P4GN, membentuk satgas dan relawan anti narkoba dan membentuk kelompok kerja P4GN.

Selain itu melaksanakan pemetaan tindak kejahatan narkoba dan membranding wilayah Desa Sumberrejo dengan pesan- pesan anti narkoba,”  jelas Anna.

Selanjutnya, Desa Bersinar ini juga akan diterapkan di desa-desa lainnya. Saat ini sudah ada 140 desa  di 10 kecamatan yang telah berkomitmen menuju Desa Bersinar.

Adapun kecamatan tersebut adalah Kecamatan Kota Kendal, Kaliwungu, Boja, Kaliwungu Selatan, Cepiring, Ringinarum, Weleri, Sukorejo, Pegandon dan Kangkung.

Dari 286 desa dan  kelurahan se- Kabupaten Kendal, terdapat 143 desa/ kelurahan yang siap berkomitmen menuju Desa Bersinar.

Harapannya, semangat ini bisa diikuti oleh seluruh desa/ kelurahan se- Kabupatenn Kendal yang didukung oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kendal guna mewujudkan Kendal Bersih Narkoba. (ayo/rea)

Leave A Reply

Your email address will not be published.