Dirayu Pria Lampung yang Nyamar Jadi Cewek di Facebook, Pria Grobogan Ini Kebobolan Rp 500 Juta

0 35
Pelaku bernama A yang super lihai merayu lelaki yang jadi incarannya itu akhirnya dikecrek polisi dan bakal dibui. (Foto: Istimewa

Grobogan | Memo Jateng

Bermula kenalan di media sosial Facebook, warga Grobogan ini kehilangan duitnya ratusan juta. Merasa dikibuli luar dalam, ia pun mendatangi kantor polisi untuk melapor.

Menurut korban M, ia berkenalan dengan sang penjahat melalui Facebook. Setelah berkenalan dan intim, keduanya pun saling memberikan janji-janji. Cuma sayangnya, Warga Grobogan ini tidak sadar dengan siapa dia berjanji. Ia hanya tahu, pacar jarak jauhnya itu adalah perempuan menawan dengan foto wajah nan jelita.

Pelaku adalah seorang pemuda pengangguran di Lampung sana. Dia melakukan aksinya dengan cara berpura-pura menjadi seorang wanita. Karena lihai sekali merangkai kata di setiap berkomunikasi, korban pun melambung di awang-awang dan terlena. Lebih-lebih dalam sebuah percakapan dia mau di nikahi.

Pacaran jarak jauh pun terjadi. Setelah menjalin hubungan sekian lama akhirnya korban terlena kena bujukan si tersangka sehingga mau mengirimkan uang kepada pelaku sebanyak 11 kali melalui transfer. Setiap ada permintaan selalu dikirimi.

Namun hingga 31 Mei 2021, janji-janji yang disampaikan si pelaku tidak kunjung dipenuhi. Akhirnya korban merasa curiga dan melaporkannya ke Polres Grobogan. Dengan cepat anggota Reskrim menindaklanjuti laporan tersebut.

Petugas langsung melakukan penyelidikan titik koordinat sang penipu tersebut. Ternyata tersangka domisili di Lampung Timur. Setelah memastikan anggota Resmob berangkat ke Lampung.

Alhasil, dalam sehari saja Reskrim Polres Grobogan berhasil mengamankan pelaku untuk di bawa ke Grobogan. Pelakunya, A (28) pun dikeler ke Jawa Tengah, dengan berbagai barang bukti hasil kejahatannya. Tersangka yang pengangguran itu mengalami perubahan hidup yang sangat cepat dengan membeli mobil jenis Honda HRV, motor trail KLX, dan lain sebagainya, hasil dari kejahatannya.

“Sebagian barang bukti kami amankan,” kata Kapolres Grobogan AKBP Jury Leonard. “Untuk sepeda motor masih kami titipkan di Polres Lampung. Barang bukti adalah 4 buah HP berbagai merk dan uang sisa foya foya,” paparnya

Ketika dimintai keterangan oleh wartawan di Mapolres Grobogan, pelaku mengiyakan bahwa dirinya memang melakukan penipuan tersebut. Jumlah Rp 500 jutaan itu dia dapatkan ssecara bertahap.

A, yang pernah bekerja di ASDP penyeberangan Merak-Bakauheni mengakui modus operandinya adalah menyaru sebagai perempuan guna meyakinkan dan membujuk rayu korbannya. (adi/rif)

Leave A Reply

Your email address will not be published.