Tunda Keberangkatan, Belasan Santri dan Perantau Diisolasi

0 15
Seorag santri dirapid tes, disaksikan Bupati Pekalongan Asip Kholbihi. (Foto: Istimewa)

Kajen | Memo Jateng

Belasan santri dan perantau, terpaksa menunda perjalanan ke kota tujuan, karena dinyatakan reaktif Covid-19 dari hasil test rapid antigen. Mereka, saat ini tengah melakukan isolasi mandiri. Tercatat terdapat 12 warga dari Kabupaten Pekalongan, hingga saat ini dilakukan isolasi mandiri.

Hal tersebut dijelaskan Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, Selasa (25/5/2021), saat meninjau pelaksanaan test rapid antigen gratis bagi warga yang akan merantau ataupun santri di Puskesmas Kajen.

“Jumlah perantau  dan santri ada 12 (reaktif positif) dari hasil rapid test antigen. Kita lakukan isoman dan pengawasan ketat dari Dinkes. 12 itu nyebar, ada yang Kandangserang, Paninggaran,” kata Asip Kholbihi.

Belasan tersebut menurut Asip, termasuk nilai yang rendah. Pasalnya, dari 2511 yang dirapid test, 12 reaktif.

“Tapi nilai itu, dari 2511,  12-nya positif, itu saya kira masih dalam batas normal. Bahkan masuk kategori, ya rendah sekali. Yang dua belas ini belum bisa berangkat, isolasi mandiri dan nanti akan  antigen lagi. Ini dilakukan gratis di puskesmas-puskesmas,” katanya.

Dijelaskan Asip, dari catatan pihaknya, jumlah pemudik yang masuk ke wilayah Kabupaten Pekalongan, tercatat menyentuh angka 16 ribu orang. 2500 lainnya sudah melakukan perjalanan ke kota rantauan.

Saat ini, menurut Asip Kholbihi angka warganya yang reaktif positif Covid-19, jumlahnya kian menurun.

“Angkanya semakin menurun. Saat ini ada 51 warga yang reaktif Covid-19, sebagian besar melakukan isolasi mandiri dengan pengawasan ketat,” tambah Asip.

Sementara itu, Ahmad Yusuf Hidayat (16), salah seorang santri Gontor, mengakui sebelum kembali ke pondok para santri memang diwajibkan membawa surat keterangan sehat bebas COVID-19.

“Ini syarat kami para santri untuk bisa kembali ke ponpes lagi. Saya mondok di Gontor,” katanya.

Ia berencana untuk berangkat besok dengan rombongan santri warga Pekalongan tujuan Ponpes Gontor. (tin/rif)

Leave A Reply

Your email address will not be published.