Penumpang Sibuk Selfie … Byurrr!!! Perahu Wisata Waduk Kedungombo Terbalik, 9 Orang Hilang

0 23
Detik-detik perahu terbalik dan berangsur-angsur tenggelam. (Foto: skala.id)

Boyolali | Memo Jateng

Perahu wisata di di Waduk Kedungombo wilayah Dukuh Bulu, Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu, Boyolali, Jawa Tengah, terbalik pada Sabtu (15/5/2021) siang.

Berdasarkan informasi yang diperoleh detik.com dari Kapolsek Kemusu, AKP Cahyo Nugroho, perahu wisata yang mengalami kecelakaan air saat menuju warung apung itu ditumpangi sekitar 20 orang. Kabar tersebut dibenarkan pihak BPBD Boyolali.

“Iya, informasinya perahu terbalik, ini saya baru perjalanan ke TKP,” kata Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Boyolali, Bambang Sinungharjo.

Perahu wisata di Waduk Kedungombo Kemusu, Boyolali itu diduga terbalik karena kelebihan muatan, perahu itu terbalik. Akibatnya para penumpang pun jatuh dan tenggelam.

“Informasi yang kami terima ada sekitar 20 orang, 11 orang sudah berhasil dievakuasi dan 9 masih dicari,” jelasnya.

Proses pencarian korban perahu terbalik dilakukan tim SAR gabungan yang terdiri dari anggota Babinsa Wonoharjo, Koramil, serta Polsek Kemusu.

Belum diketahui pasti bagaimana kronologi kecelakaan air tersebut. Namun, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) ikut mengerahkan personel untuk mencari sejumlah korban tenggelam.

Menurut Koordinator Basarnas Pos SAR Surakarta Arif Sugiarto, pihaknya langsung menerjunkan personel atau relawan ke lokasi. Adapun dari informasi yang didapatkan relawan ada 16 orang wisatawan, 5 orang di antaranya masih dalam pencarian.

“Informasinya tenggelam,” ungkap dia. Pihaknya menerangkan, Basarnas Pos SAR Surakarta membawa sekitar 14 personel  dengan peralatan lengkap menyelem hingga evakuasi. “Kami ke lokasi setelah beberapa saat dapat informasi dari Kedung Ombo,” jelasnya.

Dari informasi yang dihimpun, wisatawan tersebut merupakan mereka yang tengah libur Lebaran. Adapun kejadian berawal saat perahu tersebut jalan pukul 12.30 WIB.

Menurut saksi Tinuk, perahu yang melaju menuju warung apung di waduk tersebut mendadak oleng karena sebagian penumpang asyik selfie. Perahu pun menjorok ke depan dan kemudian kehilangan keseimbangan.

Sementara itu, Kapolda Jateng melalui Kabidhumas Kombes Pol Iskandar mengatakan, saat ini masih dilakukan pencarian terhadap kesembilan orang.

“Saat berputar-putar, mereka melakukan selfie di atas perahu, akibatnya perahu terbalik, semua penumpang tercebut ke air,” ujar Kombes Iskandar.

Kapolda Irjen Pol Ahmad Luthfi memerintahkan pengelola wisata Kedungombo untuk menutup obyek wisata tersebut karena tidak mematuhi protokol kesehatan dan tidak mengindahkan aturan kapasitas pengunjung yang sudah ditentukan.  (sol/lim/rea)

Leave A Reply

Your email address will not be published.