Satpol PP Geruduk Makam Bergota di Kota Semarang Persis Lebaran, Ada Apa?

0 43

Semarang | Memo Jateng

Kamis pagi hari ini, belasan anggota Satpol PP mendadak menyeruak ke area pemakaman Bergota di kawasan Randusari, Kota Semarang. Loh, ada apa?

Mereka menerobos kelompok-kelompok masyarakat baik di dalam maupun di luar area pekuburan, dan memberikan imbauan agar masyarakat tidak berkerumun. Hari ini mereka memang mengemban misi menekan laju penularan virus Corona di acara ziarah rutin Lebaran di makam tersebut.

Untuk memecah kerumunan peziarah di makam Bergota, Satpol PP Kota Semarang melakukan monitoring ketat dan memperingatkan peziarah yang berkerumun. Kasat Pol PP Kota Semarang Fajar Purwoto mengatakan, dalam monitoring tersebut pihaknya tidak memberikan sanksi, hanya mengimbau untuk tidak berkerumun dan tetap mengenakan masker.

“Karena sifatnya monitoring, jadi kami tidak memberikan sanksi, hanya mengimbau masyarakat untuk tidak berkerumun dan mengingatkan untuk tetap mengenakan masker,” ujar Fajar, Kamis (13/5/2021).

Lebih lanjut Mantan Kepala Dinas Perdagangan ini mengatakan, kegiatan monitoring jni atas perintah pimpinan untuk mencegah terjadinya klaster baru.

“Di Kota Semarang ini angka sebaran Covid-19 ini sudah landai, maka untuk mencegah klaster baru, kami lakukan monitoring,” tambah Fajar.

Lebih jauh Fajar berharap tidak terjadi klaster baru pada moment lebaran Idul Fitri 1442 H ini.

“Meski ada larangan mudik dari pemerintah, tapi tidak sedikit yang tetap nekat, maka untuk mencegah terjadinya klaster baru pada momen lebaran ini, kami lakukan berbagai upaya, salah satunya monitoring di Makam Bergota ini,” tambahnya.

Makam Bergota merupakan makam terbesar di Kota Semarang dan setiap tahun terutama persis di hari raya Idul Fitri ribuan orang berziarah di makam tersebut sehingga rawan terjadinya kerumunan, serta penularan virus Corona. Diperkirakan hingga Kamis sore hingga petang hari ini peziarah masih memadati makam tersebut. (fat/rif)

Leave A Reply

Your email address will not be published.