Duh! Imam Tarawih Positif Covid-19, 56 Orang Jamaah Tertular

0 9

Memo | Jateng

Sedikitnya 56 jemaah salat tarawih di Masjid Al-Istiqomah terkonfirmasi positif Covid-19. Akses Perumahan RSS Sidokerto, Kecamatan Pati Kota, Kabupaten Pati, Jawa Tengah pun ditutup sementara.

Bupati Pati Haryanto mengatakan, virus corona yang menginveksi puluhan orang tersebut ditularkan oleh imam tarawih yang berstatus orang tanpa gejala (OTG).

“Awalnya ada satu yang positif, kebetulan dia yang mengimami di sana karena masjidnya ber-AC lalu menularkan kepada jemaah. AC-nya pas di depan tempat imam soalnya. Status imam OTG,” ujarnya, Sabtu (8/5).

Menurut Haryanto, dari hasil tracing Dinas Kesehatan Kabupaten Pati, sebagian besar warga yang terpapar virus corona itu merupakan jemaah shalat tarawih di masjid setempat. Terungkapnya klaster jamaah tarawih masjid Al Istiqomah di perumahan RSS Sidokerto tersebut bermula dari beberapa orang warga yang jatuh sakit hingga dinyatakan positif Covid-19.

“Diketahui tiga hari lalu. Dugaan penularannya dari salah seorang jamaah tarawih yang tanpa disadari positif Covid-19 dengan berstatus tanpa gejala,” ungkap Haryanto.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Pati Martinus Budi Prasetya mengatakan hingga dua hari ini telah digelar swab massal yang menyasar 220 warga Perumahan RSS Sidokerto. Langkah penyemprotan disinfektan juga sudah diupayakan.

Saat ini, akses keluar masuk Perumahan RSS Sidokerto pun ditutup selama 14 hari. “Saat ini total 56 orang positif Covid-19 dan mayoritas jemaah tarawih masjid Al Istiqomah. Masjid diketahui ber-AC sehingga mudah penularannya. Untuk pasien ada yang jalani isolasi mandiri dan ada yang dirawat di RSUD RAA Soewondo Pati,” jelasnya. (kam/res/rif)

Leave A Reply

Your email address will not be published.