Program BPNT di Belik Diindikasikan Ada Agen Fiktif, dan Harga Komoditi Beras Diduga Langgar Pedum

0 478

Kepala Dinsos : Akan Segera Evaluasi, Panggil yang Terkait!

Pemalang I Memo Jateng
Pelaksanaan penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai(BPNT) di sebagian wilayah di Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang diindikasikan ada dugaan menyalahi ketentuan, yaitu Pedoman Umum tentang Program Sembako Tahun 2020. Salah satunya, harga komoditi beras. Hal itu ditemukan dalam penyaluran BPNT bulan ini (April 2021), harga beras yang diberikan agen ke PKH dengan harga Rp 10.700 per kilogram. Padahal, harga komoditas tidak boleh melebihi harga pasaran. Menyikapi hal tersebut, pihak Dinas Sosial Pemkab Pemalang akan bertindak tegas dengan memanggil agen-agen yang diduga menyalahi ketentuan tersebut.
Informasi yang dihimpun memo jateng menyebutkan, penyaluran program BPNT di Wilayah Kecamatan Belik ini diduga tidak sesuai dengan Pedum yang sudah ditentukan pemerintah, yakni menyalahi Pedoman Umum tentang Program Sembako Tahun 2020.
Dalam Pedum disebutkan, ketersediaan dan harga bahan pangan di e-Warong dan dibandingkan dengan harga yang berlaku di pasar secara umum. Namun dilapangan untuk harga beras ditemukan diatas harga pasaran, yakni Rp 10.700 per kilogram. Memo Jateng mencoba menemui salah seorang pedagang beras yang bisa membeli beras dari hasil penyaluran program BPNT di wilayah Belik.
“Beras itu (penyaluran BPNT, red) kalau mereka dijual saya beli Rp 7 ribu per kilogram. Dan saya jual kembali Rp 8 ribu per kilogram. Karena ya kualitasnya begitu. Karena beras super saya ambil di rice mill harganta Rp 9 ribu per kilogram,”kata salah seorang perempuan yang kesehariannya pedagang beras di wilayah Belik, Saeni saat ditemui koran ini.
Sementara, selain persoalan harga komoditi, ditemukan adanya agen atau e-warung fiktif. E-warong dengan toko sembako, tetapi mereka hanya untuk atas nama saja. Karena yang melakukan gesek di mesin EDC ada yang dari pihak-pihak lain. Bahkan, ada agen BPNT yang tidak bisa menggunakan mesin EDC (alat pembayaran kartu yang dikeluarkan bank).

#baca versi cetak lebih lengkap, edisi Senin, 26 April 2021 di agen – agen koran terdekat anda

Leave A Reply

Your email address will not be published.