DSDAN Soroti Pengambilan Air Bawah Tanah Tidak Terkendali di Kota Pekalongan

Pekalongan I Memo Jateng
Banjir rob di Kota Pekalongan permasalahan yang terjadi didalamnya adalah penurunan muka tanah (land subsidence) setiap tahun akibat pengambilan air dari dalam tanah yang tidak terkendali. Hal tersebut dikemukakan, Indro Cahyono anggota dari Dewan Sumber Daya Air Nasional (DSDAN) melakukan kunjungan di Kota Pekalongan, Selasa (20/4).
“Ini kompleks sekali, menurut yang disampaikan Ibu Sekda tadi masalahnya berat harus memindahkan masyarakat padahal tidak ada lahan lagi. Dari kami berpendapat, salah satu penyebab permasalahan banjir rob disini terjadi setiap tahun landsubsidence karena pengambilan air dari dalam tanah yang tidak terkendali,” Indro Cahyono selaku anggota DSDAN.
Disamping itu, Indro menekankan bahwa penanganan banjir rob ini ke depan sebaiknya harus lebih terintegrasi dan adanya persamaan persepsi antar instansi terkait dan seluruh elemen masyarakat agar permasalahan banjir rob ini clear (jelas) sehingga solusi-solusi penangananya yang akan dilakukan dapat maksimal. # Baca versi cetak edisi lengkapnya, 21 April 2021  CP pemasaran 082227730986 (bagus)