7 Benda Sejarah Kuno di Cagar Budaya Stana Gedhe Wonosobo Dicuri

0 61

Wonosobo I Memo Jateng
Puluhan benda diduga cagar budaya banyak ditemukan di Makam Stana Gedhe Mojotengah Wonosobo. Banyak benda-benda bersejarah yang hilang karena dicuri orang yang tidak bertanggungjawab. Total yang hilang ada 7 benda, yakni rata-rata yang dimaling berbentuk Lingga. Dengan alasan demi keamanan, pihak Dinas Kebudayaan (Disbud) Wonosobo.
Informasi yang dihimpun memo jateng, beberapa waktu lalu dilakukan pemindahan Objek Diduga Cagar Budaya (ODCB) tersebut ke Disbud Wonosobo. Hal itu dilakukan antara lain karena adanya laporan dari warga bahwa beberapa benda hilang.
Kadus Mojotengah, Sobarudin membenarkan hal itu, saat ditemui memo jateng Senin (19/4). Disebutkan dia, benda-benda dititpkan ke dinas karena menurutnya akan lebih aman. Menurutnya, benda yang hilang berbentuk Lingga. Berdasarkan catatannya, sekitar pertengahan 2016 sampai akhir 2019 yang hilang sampai 5 Lingga. Dan hingga 2020 ditambah hilang 2 benda bersejarah. Ia pun menuturkan pada saat dinas kunjungan kerja di pertengahan 2020 saat itulah ia kemudian melaporkan beberapa benda yang hilang tersebut.

Lebih lengkap baca versi cetak edisi 20 April 2021

Leave A Reply

Your email address will not be published.