Libur Panjang, Satgas Covid-19 Antisipasi Melonjaknya Pengunjung di Sejumlah Tempat Wisata

0 67

Batang, Memo Jateng
Putusan ketentuan pemerintah mengenai cuti bersama dan hari libur pada tahun 2020, perihal penetapan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW pada 28 dan 30 Oktober, diprediksi akan meningkatnya pengunjung di sejumlah obyek wisata.
Libur panjang sesuai ketentuan pemeeintah terawbut, yakni cuti bwrsama mulai Rabu-jumat (28-30/10/2020) di masa pandemi covid-19 dimana masyarakat dibatasi aktivitas keluar rumah, kini akan menambah rasa bosan kalau hanya mwnghabiskan waktu dirumah.
Dimas adaptasi new normal, libur panjang seolah membuka angin segar bagi masyarakat untuk melakukan refresing ke beberapa tempat wisata.
Pantauan memojateng, bahwa beberapa pengelola tempat hiburan dan destinasi wisata di Kabupaten Batang terlihat sudah mulai membuka usahanya, disertai dengan protokol kesehatan dengan melakukan himbauan kepada pengunjung untuk menerapkan 4 M (memakai masker, mecuci tangan ditempat yang sudah disediakan, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan).
Ada beberapa tempat wisata di Kabupaten Batang yang sudah mendapatkan rekomendasi Satgas Covid-19 yang telah lolos simulasi penerapan protokol kesehatan.
Antara lain, pantai Sigandu dengan panorama pantai dan bermacam – macam kuliner dan kesejukan cemara sewunya serta pengunjung juga dapat menikmati Taman Safarai Dolphin senter yang masih berada di lokasi pantai sigandu, Taman Safari tersebut pengunjung dapat melihat atraksi lumba-lumba dan satwa dilengkapi dengan wahana permainan anak.
Di daerah selatan ada forest kopi yang menawarkan kudapan dan keindahan alam hutan pohon damar dan taman bunga di ketinggian 1.000 mdpl. Adapula Sikembang, pengunjung dapat menikmati kesejukan hutan pines milik perhutani dan wahana permainan anak sehingga cocok untuk wisata keluarga.
Bagi yang suka permainan river tubing, masyarakat bisa berkunjung ke Desa wisata Pandansari yang terletak dikecamatan Warungasem, pengunjung yanga akan mengarungi arus sungai saluran irigasi persawahan di desa tersebut.
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Batang, Wahyu Budi Santoso mengatakan ada beberapa tempat wisata yang sudah mendapat rekomendasi dari Satgas Covid-19 Kabupaten Batang.
“Pantai sigandu, forest kopi, sikembang, kebun teh pagilaran dan deswita pandansari merupakan tempat-tempat wisata di Kabupaten Batang yang sudah mendapatkan rekomendasi dari Satgas Covid -19 Kabupaten Batang,” jelasnya
“Dilokasi wisata tersebut sudah ada tempat cuci tangan, semua pengunjung dicek suhu tubuhnya, dan diwajibkan pengunjung pakai masker,” jelasnya lebih lanjut.
Satgas Covid -19 Kabupaten Batang sudah mengantisipasi lonjakan pengunjung di sejumlah obyek wisata, pada libur panjang kali ini.
“Langkah antisipasi lonjakan pengunjung, obyek wisata membatasi pengunjung sampai 50 prosen, dan satgas covid-19 bersama Disparpora Kabupaten Batang akan melakukan monitoring penerapan protokol kesehatan disejumlah tempat wisata,” pungkasnya kemarin. (din/rif)

Selengkapnya Baca Koran Rakyat Memo Jateng Versi Cetak
Leave A Reply

Your email address will not be published.