Terbakar 2017, Tahun Ini Pasar Kaliwungu Baru Dibangun

0 37

Kendal, Memo Jateng – Luas bangunan Pasar Pagi Kaliwungu yang hendak dibangun kembali berukuran lebih kecil dibandingkan luas bangunan pasar yang lama. Sebelum dibangun Pasar Pagi Kaliwungu memiliki luas 16.035 meter persegi sedangkan yang dibangun hanya seluas 9.900 meter persegi.

Kepala Dinas Perdagangan Kendal Subaedi mengatakan bahwa berkurangnya luas bangunan pasar itu dikarenakan untuk mempercepat pengajuan proses pembangunan di Kementrian PUPR.

Pasalnya jika pasar dibangun dengan luas lebih dari 10.000 meter persegi dibutuhkan untuk pengurusan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan hidup (Amdal). Sedangkan dibawah 10.000 meter persegi hanya melakukan pengurusan Upaya Pengelolaan Lingkungan dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UPL-UKL).
“Pengurusan Amdal membutuhkan waktu yang lama. Jika pengurusan terlalu lama berdampak tidak tersegeranya pembangunan pasar. Sedangkan UPL UKL bisa dibuatkan lebih cepat dibandingkan Amdal,” katanya, Kamis (8/8).

Karena luas bangunan lebih kecil maka luas kios para pedagang pun juga ikut mengecil. Yang semula berukuran 5×4 meter menjadi 4X3 meter. Namun hal itu sudah sepertujuan dari para pedagang Pasar itu

“Nanti pasar baru itu dapat memuat pedagang lebih banyak, sebanyak 1048 pedagang, sedangkan jumlah pedagang Pasar Pagi Kaliwungu sekitar 923 pedagang,” katanya

Menurutnya meski berukuran lebih kecil tidak mengurangi keberaadan fasilitas umum di pasar itu. Pasar Pagi Kaliwungu akan dilengkapi fasilitas mushala, Instalasi Pengelolahan Air Limbah, MCK, Kantor Pengelola, tempat parkir, dan ruang untuk bongkar muatan dagang.

“Selama pembangunan, para pedagang akan direlokasi ke tempat pasar darurat. Oktober sudah dapat menempati lokasi pasar darurat itu. Saat ini masih dalam tahap lelang pengadaan brak pedagang di UKPBJ Kendal, sedangkan pembanguan Bangunan Pasar Pagi Kaliwungu juga menunggu hasil lelang di Kementrian PUPR” ungkapnya

Sementara itu salah satu pedagang Pasar Pagi Kaliwungu, yakni Ani Arofah berharap agar proses pembangunan pasarnya itu dapat segera berlangsung. Menurutnya para pedagang sudah menunggu lama pembangunan Pasar Kaliwungu pasca terbakar dua tahun silam.

“Harapannya lebih bagus lebihi nyaman sehingga para pembeli dapat nyaman sehingga pasar menjadi ramai,” pungkasnya

Pasar Pagi Kaliwungu terbakar pada tahun 2017. Pemerintah Kabupaten Kendal pun mulai mempersiapkan relokasi untuk para pedagang Pasar Pagi Kaliwungu ke lokasi baru. Lokasi relokasi itu akan ditempatkan di sebelah barat dari pasar tersebut yang berjarak sekitar 500 meter. Pasar tersebut akan dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan anggaran sebesar 34,678 Miliar.

Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Kendal, Maksun Ahmad mengatakan bahwa Pemkab Kendal telah melakukan sosialisasi terkait relokasi tersebut. Menurutnya para pedagang mau direlokasi asal para pedagang tetap berkumpul menjadi satu.

“Menurut informasi, saat ini masih proses lelang, sehingga jika pertengahan Bulan Agustus sudah selesai lelang, maka kemungkinan akan direlokasi pada Bulan Oktober,” katanya. (tit/rif)

Selengkapnya Baca Koran Rakyat Memo Jateng Versi Cetak
Leave A Reply

Your email address will not be published.