Perusahaan Wajib Buat Perjanjian Kerja

0 35

Pekalongan, Memo Jateng – Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kota Pekalongan mewajibkan semua perusahaan yang telah memiliki Serikat Pekerja (SP) atau perusahaan yang mempekerjakan minimal 10 orang untuk membuat Peraturan Perusahaan (PP) dan Perjanjian Kerja Bersama (PKB).
“Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan hubungan industrial yang harmonis antara pemilik perusahaan atau pengusaha dengan pekerja maupun buruh yang dipekerjakannya,” ujar Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Dinperinaker Kota Pekalongan, Priyetni, kemarin.
Sriyetni menyampaikan bahwa baik PP maupun PKB memiliki peranan yang sangat penting apabila terjadi perselisihan atau terdapat perbedaan pendapat yang mengakibatkan pertentangan antara pengusaha dengan serikat pekerja.
“Di dalam UU Ketenagakerjaan kita perlu mengadakan sosialisasi atau workshop untuk mengingatkan kembali perusahaan-perusahaan yang sudah mempekerjakan minimal 10 orang memang ada kewajiban untuk membuat Peraturan Perusahaan. Pada PP tersebut tertuang syarat-syarat kerja dan tata tertib yang di dalamnya terdapat hak dan kewajiban perusahaan,” ucap Priyetni.
Dituturkan Priyetni, PP memiliki masa berlaku dua tahun dan setiap dua tahun harus dilakukan pembaharuan dan diajukan persetujuannya kepada departemen atau dinas tenaga kerja setempat. (gan/mht)

Leave A Reply

Your email address will not be published.