Diekskavasi, Situs Candi Mantingan Magelang

0 33

Magelang, Memo Jateng – Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jawa Tengah melakukan ekskavasi penyelamatan di situs Candi Mantingan Kabupaten Magelang. Ekskavasi yang dilakukan di lahan yang akan dibangun kolam ikan koi itu, ditemukan profil kaki candi.
Pengkaji Cagar Budaya BPCB Jawa Tengah Muhammad Junawan mengatakan sifat dari ekskavasi itu adalah ekskavasi penyelamatan atau “resque excavation”. Hal itu untuk menyelamatkan data arkeologi yang masih ada di dalam tanah.
“Nanti dari temuan tersebut akan direkonstruksi atau diidentifikasi bagaimana data tersebut sampai kita temukan. Apakah dalam posisi runtuh, kalau runtuh nanti disebabkan oleh apa. Kita juga memiliki target dalam penyelamatan ini adalah untuk mengetahui denah, denah dari bangunan ini,” katanya.
Ia mengatakan ekskavasi dilakukan karena dalam survei awal beberapa batuan candi sudah terangkat di permukaan, kemudian dilakukan survei awal dengan penggalian minggu lalu ditemukan struktur candi yang masih tertata, yakni bagian kaki. (*/ara/dik)

Selengkapnya Baca Koran Rakyat Memo Jateng Versi Cetak
Leave A Reply

Your email address will not be published.