Wacana Celana Panjang Paskibraka Putri Masih Dikaji

Jakarta, Memo Jateng – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Imam Nahrawi menjelaskan wacana terkait seragam Paskibraka Nasional 2019 putri yang harus bercelana panjang. Imam mengaku bahwa hal tersebut masih dalam kajian.

Sebab, selama ini anggota Paskibraka putri, baik yang berjilbab maupun tidak, selalu mengenakan rok. “Ya, tentu saya sebagai penanggung jawab sedang mengkaji lebih lanjut wacana yang sudah berkembang, dinamika yang sudah berkembang,” kata Imam, Selasa (30/7/2019).

Dia mengatakan, dirinya melibatkan semua pihak terkait untuk membicarakan penentuan seragam putri ini. Dalam wacana itu disebutkan bahwa calon anggota Paskibraka Nasional 2019 putri yang berjilbab akan bercelana panjang. Sedangkan yang tidak berjilbab, pemilihan seragam antara rok atau celana panjang masih tentatif.

“Yang pasti kalau wacana kemarin yang berjilbab pakai celana panjang, yang tidak berjilbab rok. Saya kira itu sangat ideal, namun demikian kami beri waktu untuk mendiskusikan lebih lanjut karena kita harus menyesuaikan dengan peraturan, regulasi, kondisi, dan tentu mungkin harapan dari banyak pihak,” kata Menpora..

“Dan tentu pada saatnya saya harus mengambil keputusan agar suasana dukungan publik terhadap Paskibraka ini tentu lebih baik lagi,” Imam menekankan.

Selain itu, Imam juga tetap memantau kesehatan para peserta Diklat Paskibraka 2019 selama mereka menjalani karantina di PP-PON Cibubur, Jakarta Timur. (lip/rif)