Harry Maguire Bek Termahal di Dunia

0 64

Semarang, Memo Jateng – Manchester United (MU) telah menyepakati harga transfer sensasional bek Leicester City, Harry Maguire, senilai 80 juta pounds atau setara Rp 1,4 triliun. Bek tim nasional Inggris itu akan segera menjalani tes medis.

MU disebut-sebut akan membayarkan 60 juta pounds (Rp 1,05 triliun) terlebih dahulu kepada Leicester. Adapun tambahan 20 juta pounds (Rp 350 miliar) akan dibayarkan kemudian.

Harga Maguire tersebut cukup sensasional karena akan membuatnya menjadi bek termahal di dunia. Rekor tersebut sebelumnya dipegang Virgil van Dijk saat dibeli Liverpool dari Southampton pada 2018 dengan banderol 75 juta pounds (Rp 1,31 triliun).

The Foxes, julukan Leicester, sudah menemukan pengganti Maguire. Mereka akan merekrut Lewis Dunk dari Brighton dalam waktu dekat.

MU berhasil mengalahkan sang rival sekota, Manchester City, dalam perburuan Maguire tersebut. Kedua tim sebelumnya sama-sama mengajukan tawaran senilai 70 juta pounds (Rp 1,22 triliun) dan ditolak Leicester.

Setelah sama-sama ditolak tawarannya, Manchester United belum menyerah. Setan Merah menaikkan tawaran dan kali ini Leicester tak bisa menolak. Keputusan ini muncul beberapa hari setelah Maguire dikabarkan marah terhadap Leicester. Dia menuding The Foxes mempersulit kepindahannya karena mengincar mega transfer.

MU sebenarnya sudah lama mengincar Maguire, tepatnya sejak era Jose Mourinho. Pria asal Portugal itu mendekati Maguire pada musim panas tahun lalu setelah sang pemain tampil mengesankan bersama Timnas Inggris pada Piala Dunia 2018.

Maguire sudah dua musim memperkuat Leicester. Dia digaet The Foxes dari Sheffield pada 2017 dengan mahar mencapai 17 juta pounds atau setara Rp 298 miliar.

Terlepas dari banderol harga yang mahal, kemampuan teknis Harry Maguire setidaknya patut untuk dijadikan dasar mengapa Man United ngebet merekrutnya.

Menurut data yang dicatat oleh Squawka, pesepak bola 1,95 meter itu satu-satunya bek yang konsisten memenangi duel udara dan merebut kembali bola. Dua pencapaian itu ditunjukkan Maguire bareng Leicester City pada ajang Liga Inggris musim lalu.

Tingkat keberhasilan pemuda 26 tahun ini ada di atas angka 70 persen dari total upaya yang dia lakukan. Jika dirinci, Maguire melakukan 151 duel udara dengan 118 di antaranya sukses alias 78 persen sukses. Soal merebut kembali penguasaan bola (recovery), Maguire 16 kali berhasil dari 21 percobaan, atau 76 persen sukses.

Dengan catatan demikian, mungkin Maguire dapat memberi proteksi lebih pada lini pertahanan MU yang musim lalu keropos. Pasalnya, finis di urutan keenam, MU kebobolan 54 gol.

Jumlah itu lebih banyak ketimbang penghuni peringkat ke-13, Newcastle United (42 gol). Itu juga menjadi rekor jumlah kebobolan terburuk Man United dalam semusim pada ajang Premier League.

Maguire dipanggil ke tim U-21 nasional Inggris untuk pertama kalinya pada November 2012 untuk pertandingan persahabatan melawan Irlandia Utara. Pada 24 Agustus 2017, manajer Inggris Gareth Southgate memasukkan Maguire dalam pasukannya untuk pertandingan kualifikasi Piala Dunia FIFA 2018 melawan Malta dan Slovakia.

Dia melakukan debut ketika mulai dalam kemenangan tandang Inggris 1-0 atas Lithuania, yang merupakan pertandingan terakhir tim dalam kampanye kualifikasi Piala Dunia FIFA 2018 yang sukses.

Maguire mencetak gol Inggris pertamanya pada 7 Juli 2018 dengan tandukan dari umpan silang Ashley Young dalam kemenangan 2-0 atas Swedia di perempat final. (rol/rif)

Selengkapnya Baca Koran Rakyat Memo Jateng Versi Cetak
Leave A Reply

Your email address will not be published.