Magis Aaron Wan-Bissaka

0 47

Semarang, Memo Jateng – Manchester United (MU) telah menyelesaikan proses transfer Aaron Wan-Bissaka dari Crystal Palace. Bek berusia 21 tahun itu diboyong ke Old Trafford dengan harga 50 juta pound atau sekitar Rp 897 miliar.

Wan-Bissaka adalah pemain kedua yang direkrut MU setelah winger Swansea City Daniel James di musim panas ini. Dia telah menandatangani kontrak lima tahun dengan opsi tambahan 12 bulan.

Bergabung dengan MU, Wan-Bissaka tidak dapat menutupi kebahagiannya. “Perasaan dan kehormatan yang luar biasa untuk menyebut diri saya seorang pemain Manchester United dan sesuatu yang saya tahu bahwa hanya sejumlah kecil pemain yang memiliki hak istimewa untuk mengatakan,” ucapnya seperti dikutip dari laman resmi MU.

Wan-Bissaka baru saja memperkuat timnas Inggris U-21 di Piala Eropa U-21. Ia pun tidak sabar untuk bisa segera bergabung dengan skuat racikan Ole Gunnar Solskjaer. “Saya tak sabar untuk segera pergi dan terintegrasi ke dalam pasukan,” ucapnya.

Manajer MU Ole Gunnar Solskjaer sangat mengagumi Wan-Bissaka. Bahkan, juru taktik asal Norwegia tersebut menilai pemain timnas Inggris ini sangat cocok dengan MU.

“Aaron adalah salah satu bek terbaik masa depan di Liga Premier. Dia punya etos kerja, bakat, dan mentalitas yang tepat untuk bermain buat Manchester United. Dia sangat cocok dengan tipe pemain yang ingin kami bawa ke dalam skuat untuk membantu kami meningkatkan dan mendorong lebih jauh,” ucap Solskjaer.

Aaron, imbuh Ole, adalah pemain muda, lapar, bersemangat untuk belajar dan itu penting pada usianya. “Saya senang dia telah menandatangani kontrak dengan kami dan kami berharap untuk melanjutkan perkembangannya yang luar biasa sejauh ini,” lontarnya.

Catatan Oke, Kiprah Oke
Aaron Wan-Bissaka jebolan akademi Crystal Palace. Pemain yang melakukan debut profesionalnya pada Februari 2018 ini membuat 129 tekel di Liga Premier pada 2018-19, terbanyak di antara lima kompetisi teratas Eropa.

Menurut catatan Whoscored, pemain Timnas Inggris U-21 ini oke dalam hal tekel. Tercatat ada 3,7 tekel sukses per game yang dia buat. Terbanyak ketiga di Premier League di belakang Idrissa Gueye dan Wilfred Ndidi. Jika dipisahkan berdasarkan posisi, maka Wan-Bissaka menjadi bek yang rataan tekel suksesnya tinggi.

Wan-Bissaka juga punya catatan ciamik dalam hal intersep. Dia 84 kali memotong umpan. Kalah satu intersep dari gelandang Watford, Etienne Capoue, yang ada di urutan teratas. Ia juga cukup bagus dalam hal kontrol bola. Catatan buruknya terkait kontrol bola cuma 1,2 kali per game dan lawan mampu merebut bola dari kakinya cuma 1,1 kali per game.

Masih ada kehebatan lainnya dari Wan-Bissaka. Dia mampu mengambil penguasaan bola dari lawan sebanyak 206 kali menurut catatan situs Premier League. Jika diratakan maka ada 5,9 per game.

Umpan Silang Rendah
Wan-Bissaka punya catatan kurang oke dari segi menghasilkan umpan silang. Sebagai pemain di posisi full-back, catatan tersebut tentu sangat penting, apalagi jika diproyeksi untuk mengganti Ashley Young. Pemain yang pernah memperkuat Timnas Kongo U-20 ini cuma menghasilkan 56 umpan silang atau 1,6 per game. Tingkat akurasinya terbilang rendah dengan catatan 21%.

Tingkat akurasi umpan silang Wan-Bissaka sejajar dengan Young, yang sudah dikenal buruk. Tapi, Young setidaknya rajin melepas umpan silang dengan catatan 197 kali dari 30 laga di Premier League.

Namun, atas semua aksinya itu Aaron telah memenangkan dua perhagaan individu, yaitu Crystal Palace Young Player of the Year 2017/18 dan Crystal Palace Player of the Year 2018/19.

Kepindahannya ke MU membuatnya menempati posisi keenam sebagai bek termahal di dunia, di belakang Virgil van Dijk, Lucas Hernandez, Aymeric Laporte, Benjamin Mendy, dan Kyle Walker.

Bergabungnya Wan-Bissaka dan Daniel James semakin menegaskan Manajer MU Ole Solskjaer sudah mengubah kebijakan transfer. Sebelumnya, MU lebih suka mendatangkan pemain-pemain berpengalaman. Mereka di antaranya Zlatan Ibrahimovic, Nemanja Matic, dan Alexis Sanchez. Bergabungnya Wan-Bissaka diprediksi akan mengusir Ashley Young di posisi bek kanan dan sebagai pengganti jangka panjang Antonio Valencia.

Wan-Bissaka telah menandatangani kontrak berdurasi lima tahun dengan opsi perpanjangan 12 bulan. “Saya senang dia telah menandatangani kontrak dengan kami dan kami berharap untuk melanjutkan perkembangannya yang luar biasa sejauh ini,” pungkas juru taktik asal Norwegia itu.

Kepindahannya ke Old Trafford diharapkan bisa membawa Wan-Bissaka ke Timnas Inggris senior. Di mana pada posisi itu dia akan bersaing dengan Kyle Walker, Trent Alexander-Arnold, dan Kieran Trippier. (aru/rif)

Selengkapnya Baca Koran Rakyat Memo Jateng Versi Cetak
Leave A Reply

Your email address will not be published.