Messi Memble Ronaldo Oke

0 47

Sudah tidak dipungkiri lagi nama Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi adalah dua pesepakbola terbaik saat ini. Torehan prestasi baik yang diraih secara individu maupun bersama tim, khususnya di level klub, menjadi membuktikannya.

Ronaldo mengoleksi 5 Ballon d’Or dan 4 gelar pemain terbaik Eropa. Sama dengan Ronaldo, Messi juga telah mengoleksi 5 Ballon d’Or. Namun baru meraih 3 gelar pemain terbaik Eropa.

Sementara prestasi bersama klub, keduanya juga telah banyak menggoreskan tinta emas. Messi yang setia bermain di satu klub, total sudah memberikan 34 trofi untuk Barcelona di beberapa kompetisi resmi. Sedangkan Ronaldo, total sudah memberikan 29 trofi untuk empat klub (Sporting Lisbon, Man United, Real Madrid dan Juventus) di beberapa kompetisi.

Jika di level klub Ronaldo dan Messi sangat superior, lantas bagaimana prestasi masing-masing di level timnas? Sebab, kontribusi memberikan gelar untuk negara kerap jadi tolak ukur publik, untuk membentuk opini mencari siapa yang lebih hebat diantara keduanya, dan layak menyandang julukan Greatest of All Time (GOAT) atau jika diartikan adalah terbaik sepanjang masa.

Dalam hal ini, Ronaldo sedikit lebih baik karena dari tiga kali kesempatan tampil di partai final bersama Portugal, dua diantaranya berhasil dimenangkan. Teranyar, Ronaldo baru saja memberikan gelar untuk Portugal di ajang UEFA Nations League 2019, setelah mengalahkan Belanda di partai final dengan skor 1-0, lewat gol tunggal Goncalo Guedes di Stadion Dragao, Senin (10/6) dini hari WIB.

Sebelumnya, pada tiga tahun lalu Ronaldo juga berhasil memberikan gelar perdana untuk negaranya, saat memenangkan EURO 2016, setelah mengalahkan Prancis dengan skor 1-0 pada 10 Juli 2016 di Stade de France. Adapun satu gelar yang gagal dimenangkan oleh Ronaldo adalah EURO 2004, saat Portugal kalah 0-1 dari Yunani di Stadion da Luz, 04 Juli 2004 lalu.

Soal jumlah laga final bersama tim nasionalnya, Messi juga punya kesempatan yang sama dengan Ronaldo, yakni mampu membawa Argentina ke tiga final ajang bergengsi, Piala Dunia 2014, Copa America 2015 dan 2016.

Hanya saja, pemain yang dijuluki La Pulga itu kurang dinaungi keberuntungan. Dari tiga partai final, Messi dan Argentina selalu berakhir dengan kekalahan. Albiceleste dikalahkan Jerman di final Piala Dunia 2014, dengan skor 0-1 lewat gol semata wayang Mario Goetze di Stadion Maracana, Afrika Selatan. Lalu kalah dua kali melalui adu penalti dari Chile di partai final Copa America 2015 dan edisi spesial Copa America 2016 Centenario.

Perbedaan prestasi tersebut membuat Messi terus menjadi bahan gunjingan. Ia belum mampu memberikan satu gelar pun untuk negaranya, sementara Ronaldo sudah dua kali. Dalam Copa America 2019 di Brasil (14 Juni-7 Juli 2019), di penampilan perdananya Argentina dibekuk Kolombia 0-2 melalui gol Roger Martinez menit 71, dan Duvan Zapata menit 86, menyisakan Messi yang tak mampu melesakkan golnya.

Argentina satu grup dengan Kolombia, Paraguay dan negara undangan, Qatar. (ant/rif)

Selengkapnya Baca Koran Rakyat Memo Jateng Versi Cetak
Leave A Reply

Your email address will not be published.