Moda Jalan Diperiksa Petugas, Sopir Tes Narkoba

0 44

Pati, Memo Jateng – Moda jalan khususnya bus di Terminal Kembang Joyo Pati dicek kelayakan jalan oleh instansi terkait, Rabu (28/5) sore. Tidak hanya itu, petugas juga melangsungkan tes kesehatan pengemudi, bahkan tes narkoba.

Diketahui, Dinas Perhubungan (Dishub) Pati menggandeng Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pati, Jasaraharja, Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati, serta Badan Narkotika Kabupaten/Kota (BNK) untuk menggelar rump check dan cek kesehatan sopir bus.

“Kami bertanggungjawab atas kelancaran dari aspek kesiapan armada, beserta dengan pengemudinya. Kami juga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan BNK untuk melakukan tes urin untuk memastikan pengemudi dalam keadaan sehat,” terang Kepala Dishub Pati, Sudarlan melalui Kepala Bidang Pengendalian dan Operasi, Heri Purnomo.

Terkait rump check, semua aspek diperiksa mulai dari kelengkapan dokumen perjalanan, persyaratan teknis, kondisi kesehatan pengemudi dan tes urin narkoba. Ini perlu dilakukan untuk menjaga keselamatan para penumpang, khususnya pada arus mudik tahun ini.

Seumpama ada pengemudi yang positif narkoba atau tidak dalam kondisi prima (sakit), instansi tersebut bakal bertindak tegas, dengan tidak diperkenannya sopir itu mengendarai armadanya.

Katanya, “Bus yang sudah diberi label berarti itu sudah lolos pemeriksaan, jadi calon penumpang juga harus jeli. Selain itu, kami juga bakal terus melangsungkan pengawalan ekstra.”

Di lokasi yang sama, Kasatlantas Polres Pati, Cristian Chrisye Lolowang menyebutkan, jika rump check ini terkait kesiapan kendaraan, baik pengemudi maupun pendampingnya serta kesiapan angkutan dalam rangka operasi candi 2019.

“Hasilnya, semua kendaraan siap dan layak. Baik kelengkapan surat-surat kendaraan tidak ada temuan yang kami dapati. Semuanya lengkap. Jadi kami tunggu dari BNK, terkait sopir atau kondekturnya yang telah melakukan tes narkoba. Jika ada yang positif, maka akan ditindak lanjuti oleh BNK maupun kasat narkoba,” jelasnya.

Ditambahkan, dalam operasi gabungan kali ini, telah dilakukan pengecekan administrasi kendaraan, lampu kendaraan, ban dan klakson. Sehingga kendaraan tersebut aman untuk di naiki pemudik. (ror/tin)

Selengkapnya Baca Koran Rakyat Memo Jateng Versi Cetak
Leave A Reply

Your email address will not be published.