Musnahkan 5.713 Botol Banyu Setan

0 40

Pati, Memo Jateng – Ribuan botol minuman beralkohol (Mihol) berbagai jenis dan ukuran yang disita dari operasi penyakit masyarakat (Pekat) dimusnahkan menggunakan peralatan berat di Halaman Stadion Joyokusumo, Selasa (28/5).

Diketahui, ada sebanyak 5.713 botol mihol tanpa izin yang dimusnahkan pada pagi hari ini. Minuman setan tersebut sengaja digilas untuk menghindarkan warga Bumi Mina Tani dari bahaya mengkonsumsi minuman keras, lantaran sejumlah mihol merupakan minuman oplosan yang pembuatannya tanpa takaran dan terkesan asal-asalan.

“Pemusnahan minuman keras (Miras) ini merupakan kegiatan kepolisian yang ditingkatkan sebelum pelaksanaan operasi ketupat dimulai. Kita memiliki waktu satu bulan, kita melaksanakan penertiban terhadap minuman keras ini,” terang Kapolres Pati, AKBP Jon Wesly Arianto saat ditemui awak media, selepas giat.

Pemuanahan mihol juga sebagai upaya untuk mencegah terjadinya tindak pidana akibat pengaruh minuman setan. Mengingat, dari temuan yang ada, ternyata minat masyarakat untuk mengkonsumsi miras masih ada.

“Yang kita musnahkan ini telah kita mintakan penetapan dari Pengadilan Negeri (PN) Pati untuk dimusnahkan bersama para pejabat Forkompinda,” sebutnya.

Bahkan tidak menutup kemungkinan di tempat lain yang belum dioperasi oleh aparat masing-masing Kecamatan, dimungkinkan masih ada miras yang dijual. Hanya saja, pihaknya mengaku tidak akan tinggal diam dan akan terus melakukan operasi penyakit masyarakat tersebut.

“Kami akan terus melakukan operasi peredaran miras ini. Kalau selama ini saja jumlahnya saja sampai 5 ribu lebih, mungkin apabila dilakukan lebih lama, jumlahnya juga akan bertambah,” tukasnya.

Imbau AKBP Arianto, masyarakat agar tidak mengkonsumsi mihol karena dapat membahayakan kesehatan. Kemudian, memasuki Idhul Fitri, diharapkan peredaran mihol ini tidak ada lagi.

“Idhul Fitri sudah dekat, jangan sampai bulan yang suci ini kita kotori dengan hal-hal yang tidak baik. Untuk itu, kami meminta kepada pengedar maupun konsumen miras untuk berhenti mengkonsumsi maupun mengedarkan miras tersebut,” pintanya. (ror/mht)

Leave A Reply

Your email address will not be published.