Termakan Tantangan Sendiri

0 60


Julia Eileen Gillard, lahir di Wales, 29 September 1961. Perempuan satu ini pernah tercatat sebagai Perdana Menteri Australia sejak 24 Juni 2010 hingga 27 Juni 2013. Dia merupakan wanita pertama yang menjadi perdana menteri Australia.

Gillard memulai karier politiknya pada tahun 1998 untuk menjadi Anggota Parlemen mewakili Lalor. Ia merupakan anggota Partai Buruh Australia (ALP). Selama di parlemen, Gillard dipromosikan ke beberapa posisi tinggi di kabinet bayangan oposisi dan mengambil beberapa tanggung jawab penting selama ALP berada dalam oposisi.

Pada tahun 2006, setelah pengunduran diri Mark Latham pada tahun 2006 dan terpilihnya Kevin Rudd sebagai Pemimpin ALP, Gillard dipromosikan sebagai Wakil Pemimpin ALP. Pada tahun 2007, ALP memenangkan pemilu dan Rudd diangkat menjadi Perdana Menteri Australia sementara Gillard diangkat menjadi Wakil Perdana Menteri dan 3 posisi kabinet lainnya.

Pada tahun 2010, melalui pemilihan ketua partai, Gillard terpilih sebagai pemimpin dan otomatis menjadi Perdana Menteri menggantikan Rudd. Gillard menjadi Perdana Menteri pada bulan Juni 2010. Gillard memimpin partainya dalam kemenangan pada Pemilu 2010.

Setelah kemenangan Gillard, ia mulai mempromosikan beberapa kebijakan-kebijakannya seperti UU Pekerjaaan yang lebih baik dan penambahan dana-dana untuk sekolah publik. Meskipun ada prestasi yang dihasilkan Gillard, ia jatuh ke dalam titik di mana ia tidak populer dan menyebabkan jatuhnya elektabilitas ALP dalam menghadapi pemilu di bulan September 2013.

Setelah berkali-kali selamat dari tantangan kepemimpinan sebelumnya, Gillard akhirnya dikalahkan dalam tantangan kepemimpinan di bulan Juni 2013 oleh Kevin Rudd yang merebut posisi Gillard dengan cara yang sama dilakukan Gillard pada 2010 lalu.

Gillard menantang Rudd untuk “pensiun permanen” dari politik apabila salah satu dari mereka kalah. Rudd menerima tantangan ini. Rudd akhirnya memenangkan pemilihan kepemimpinan dengan meraih 57 suara sementara Gillard 45.

Setelah kekalahannya, Gillard mengumumkan bahwa ia akan mengundurkan diri dari posisi Perdana Menteri Australia untuk memberikan kesempatan pada Kevin Rudd untuk membentuk pemerintahan yang baru.
Gillard menyerahkan pengunduran dirinya ke Gubernur Jenderal Australia,Quentin Bryce dan Bryce mengundang Rudd untuk dilantik keesokan harinya pada 27 Juni 2013, mengakhiri masa kepemimpinan Gillard di Australia.

Setelah kekalahannya, Gillard mengumumkan bahwa ia tidak akan mencalonkan diri lagi sebagai Anggota Parlemen untuk Lalor dan mengumumkan niatnya pensiun politik setelah pemilu.

Selama kuliahnya, ia berkenalan dengan seorang putri salah satu menteri di Partai Buruh (ALP) dan mulai aktif di partai itu hingga tahun-tahun dewasanya. Pada tahun 1998, ia terpilih mewakili Lalor untuk menjadi Anggota Parlemen Australia.

Gillard memiliki hubungan dengan Tim Mathieson dengan siapa ia telah berhubungan sejak 2006. Gillard tidak pernah menikah dan tidak memiliki anak. Pada tahun 2010, Gillard juga mengakui bahwa ia adalah seorang Ateis dan menyatakan bahwa ia tidak akan memaksa orang untuk mengikuti kepercayaannya dan tidak akan menggunakan agama sebagai pencitraan politiknya. (itr/mht)

Leave A Reply

Your email address will not be published.