Panglima TNI Mutasi 68 Pati

0 64


Jakarta, Memo Jateng – Gerbong mutasi jabatan perwira tinggi di lingkungan Tentara Nasional Indonesia (TNI) kembali berjalan.
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan mutasi jabatan kepada 68 perwira tinggi di lingkungan TNI AD, TNI AL, dan TNI AU. Salah satu yang dimutasi adalah Kepala Badan SAR Nasional (Kabasarnas) Marsdya M. Syaugi.

Sebanyak 68 pati yang dimutasi itu terdiri dari 39 pati jajaran TNI AD, 13 pati jajaran TNI AL dan 16 pati jajaran TNI AU.
Mutasi 68 pati TNI tersebut tercantum dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1393/XII/2018 tanggal 20 Desember 2018 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI.

Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Sus Taibur Rahman mengatakan mutasi itu dilakukan untuk mengoptimalkan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis.
“Dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier perwira tinggi, guna mengoptimalkan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis,” kata dia dalam keterangan tertulisnya, Jumat (21/12).

Sejumlah pati yang dimutasi tersebut di antaranya adalah Marsdya M. Syaugi yang dimutasi dari posisi Kabasarnas menjadi pati TNI AU dalam rangka pensiun. Kemudian, posisi yang ditinggalkan Syaugi itu hingga saat ini belum ditentukan penggantinya.

Adapula Mayjen Santos Gunawan Matondang yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Pusat Penerangan TNI posisinya digantikan oleh Brigjen Sisriadi. Sisriadi sebelumnya menjabat sebagai Sesditjen Kuathan Kemhan.

Santos sendiri dimutasi menjadi Wakil Komandan Jendral Akademi TNI. Santos mengisi posisi Mayjen Dody Usodo Hargo yang dimutasi menjadi Staf Khusus Kasad.

Di lingkungan TNI AL, mutasi dilakukan terhadap Laksma Nora Lelyana dari Kadiskesal menjadi Staf Khusus Kasal. Selain itu, Laksma Dewa Gede Nalendra dari Karumkital dr. RML Diskesal dimutasi menjadi Kadiskesal. Lalu Kolonel Laut (K) Ahmad Samsulhadi dari Kalakesla Diskesal menjadi Karumkital dr. RML Diskesal.

Sedangkan dari TNI AU, pati yang dimutasi selain Syaugi diantaranya Marsma N. Ponang Djawoto yang sebelumnya menjabat sebagai Dirmat Ditjen Kuathan Kemhan dimutasi menjadi Sesditjen Kuathan Kemhan.(ara/mht)

Leave A Reply

Your email address will not be published.