Mandor dan Pekerja Proyek Tertimbun Longsor

0 65
Proses evakuasi kedua korban yang tertimbun longsor. Evakuasi melibatkan petugas dan warga dan berlangsung cukup lama.
Pekalongan, Memo Jateng – Nasib apes dialami mandor dan seorang pekerja proyek jembatan di Kajen, Pekalongan. Keduanya tertimpa material tanah proyek yang longsor. Sang mandor tewas tertimbun tanahm, sementara pekerjanya berhasil diselamatkan dan masih kritis.
Kecelakaan kerja menimpa dua orang pekerja yang tengah memperbaiki jembatan di Dukuh Padurekso Desa Kalijoyo, Kecamatan Kajen, Kamis (18/10) siang. Mereka tertimbun longsor material tanah dan batu.
Informasi yang dihimpun menyebutkan, korban tewas bernama Roni (50), warga Banyuputih, Batang, yang juga mandor proyek. Dia meninggal di lokasi kejadian, tertimpa reruntuhan longsor. Sementara korban selamat bernama Kundori (40), warga Desa Ambowetan, Kecamatan Comal, Pemalang.
Peristiwa nahas tersebut berawal saat para pekerja bangunan yang berjumlah lima orang membuat bronjong jembatan. Ketika itu, kedua korban berada di bawah tengah sedang menata batu.
“Tiba-tiba material tanah dan batu longsor mengubur keduanya,” kata Slamet, saksi warga yang juga pekerja bangunan setempat kepada petugas.
Menurut Slamet, peristiwa terjadi sekitar pukul 13.00 WIB saat dilakukan penggalian pondasi jembatan. Pada kedalaman sekitar 1 meter setelah penggalian, sang mandor meminta salah satu pekerja membuat adonan semen dengan mesin molen.
Usai dibuat, adonan dibawa secara estafet menggunakan ember ke bawah tempat kedua korban berada. Saat itulah tebing mulai longsor menimpa kedua korban yang dibawah. Tanah dan batu longsor diduga tak kuat menahan beban di atasnya.
“Keduanya sempat minta tolong namun setelah dilihat keduanya telah tertimbun,” kata Slamet di lokasi kejadian.
Melihat korban tertibun longsor tak terlihat, pekerja meminta tolong warga sekitar dan melaporkan ke kepolisian. Petugas kepolisian bersama BPBD Kabupaten Pekalongan langsung melakukan pencarian korban yang tertimbun material tanah.
Upaya penggalian dua korban yang tertimbun material ini sendiri memakan waktu cukup lama. Dengan peralatan seadanya, petugas dibantu warga mencari korban yang tertimpa reruntuhan material.
“Sekitar pukul 16.30 WIB, kedua korban berhasil dievakuasi petugas BPBD, Damkar Kabupaten Pekalongan dan Anggota Polsek Kajen,” kata AKP Agus Sulis, Kapolsek Kajen.
Kedua korban langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kajen untuk mendapatkan pertolongan medis.
“Dari hasil pemeriksaan medis, korban Roni sudah meninggal dunia di lokasi kejadian. Sedangan korban Kundori masih kritis dan dilakukan penanganan medis. (kaj/sur)

Leave A Reply

Your email address will not be published.