Dorong Sampai 75 Persen

0 38
Sri Puryono
Semarang, Memo Jateng – Penyelenggaraan pemilihan kepala daerah serentak di tingkat provinsi dan tujuh kabupaten/ kota pada tahun ini, kembali mendapat apresiasi. Kementerian Politik, Hukum, dan Keamanan memberi predikat penyelenggara terbaik pemilihan gubernur untuk Provinsi Jawa Tengah.

Sekretaris Daerah Provinsi Jateng Sri Puryono mengatakan, keberhasilan Provinsi Jawa Tengah menggelar pilgub berkat sinergi yang baik dengan seluruh pemangku kepentingan. Dia menjelaskan, partisipasi pemilih pada Pilgub Jateng 2018 meningkat apabila dibandingkan dengan Pilgub Jateng 2013.

“Meski demikian, persentase partisipasi pemilih masih harus terus digenjot karena targetnya sebesar 75 persen,” ujarnya, kemarin.
Dari sekian pemilih, yang memberikan hak suaranya pada Pilgub 2018, kata dia, masih sekitar 68 persen. “Ini tentunya menjadi catatan dan kerja keras kita karena target kita partisipasinya 75 persen,” katanya.

Hanya saja, kata dia, jika bandingkan dengan lima tahun sebelumnya pada Pilgub Jateng 2013, partisipasi pemilih waktu itu 55,73 persen, sedangkan di Pilgub Jateng 2018 sebesar 67,64 persen. “Harapannya pada pilpres dan pileg nanti bisa kita tingkatkan lagi partisipasinya,” tegasnya.

Sri Puryono mengatakan, saat ini yang masih harus didorong adalah perekaman KTP elektronik di Jawa Tengah. Pihaknya sudah memerintahkan Dispermadesdukcapil untuk mencari jalan keluar dalam mempercepat perekaman e-KTP, seperti menyewa alat perekam dan sebagainya. “Dengan begitu, diharapkan dapat mengatasi permasalahan pemilih ganda,” tukasnya. (sem/mht)

Leave A Reply

Your email address will not be published.