Duh, 219 Warga Meninggal Masih Masuk DPT

0 61


Purbalingga, Memo Jateng – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Purbalingga telah melakukan pencermatan dan pengawasan terhadap daftar pemilih tetap hasil perbaikan tahap 1 (DPTHP 1) yang sudah ditetapkan oleh KPU Kabupaten Purbalingga Tanggal 14 September 2018 yang lalu.

“Berdasarkan hasil pencermatan dan pengawasan terhadap DPTHP1 yang ada, Bawaslu Purbalingga dan jajarannya menemukan seribu lebih data bermasalah,” kata Misrad, Komisioner Bawaslu Purbalingga Divisi Pengawasan Humas dan Hubal.


Data bermasalah tersebut terdiri dari, data pemilih potensi ganda sebanyak 482, data pemilih sudah meninggal 219, data pemilih tidak dikenal 4, data pemilih pindah domisili 217, data pemilih dengan status anggota Polri 1, data pemilih invalid dengan status NIK kosong 13, dan data pemilih dengan status Nomor KK kosong 324.

“Jadi jumlah keseluruhan data bermasalah tersebut ada 1.260 data pemilih,” sebutnya.

Terhadap hasil temuan data pemilih tersebut Bawaslu Purbalingga telah melayangkan surat rekomendasi dengan Nomor Surat 149/Bawaslu Prov.Jt-20/PM-00.02/X/218 Tanggal 12 Oktober 2018 Perihal Rekomendasi Hasil Pencermatan DPTHP Tahap 1 kepada KPU Kabupaten Purbalingga.

Melalui surat rekomendasi tersebut Bawaslu Purbalingga berharap agar KPU Kabupaten Purbalingga dan jajarannya segera menindaklanjuti dengan memperbaiki data bermasalah tersebut. Hal ini penting untuk dilakukan agar data pemilih di Purbalingga valid dan dapat dipertanggungjawabkan.(pur/mht)

Leave A Reply

Your email address will not be published.