Maling Setengah Beriman Embat Tas Jamaah Masjid

Bonyok Dibogem

0 56
Pelaku menjalani pemeriksaan di kantor polisi
Pekalongan, Memo Jateng – Geger kasus pencurian menggemparkan jamaah masjid dan Pasar Karanganyar, Kabupaten Pekalongan. Dua pencuri ditangkap dan menjadi sasaran aksi massa yang geram. Akibat dimassaa, pelaku bonyok dan dilarikan ke RS. Duh…

Aksi pencurian diungkap dua anggota Satlantas Polres Pekalongan, Kamis (11/10) siang kemarin. Keduanya berhasil mengamankan dua terduga pelaku pencurian milik salah satu jamaah masjid dari kepungan massa.
Dua pelaku pencurian sempat dihajar massa yang emosi. Beruntung petugas langsung mengevakuasinya ke Mapolsek setempat, sebelum akhirnya dibawa ke rumah sakit untuk penanganan medis karena sejumlah luka yang dialaminya.
Aksi heroik dua anggota Satlantas Polres Pekalongan bermula saat Bripka Erik Susanto dan Brigadir Sukirno tengah berpatroli di sekitar Pasar Karanganyar.
“Saat itu ada kerumunan warga yang tengah mencari pelaku pencurian tas milik salah satu jamaah di masjid. Kita tanya ciri-cirinya seperti apa, mereka tidak jelas menjelaskan,” kata Bripka Erik Sutanto.
Berbekal ciri-ciri yang minim itulah, kedua anggota Satlantas itu menggunkan sepeda motor melanjutkan patroli. Tak jauh dari kerumunan warga yang tengah mencari pelaku pencurian tersebut, kedua polisi itu melihat seorang pria yang mencurigakan yang tengah bergegas naik sebuah angkutan.
Melihat geliat mencurigakan keduanya, kedua polisi tersebut langsung menghentikan angkutan kota yang ditumpanginya. Setelah diminta keluar dari angkutan, pelaku yang ditanya KTP dan tujuanya kemana, tampak mencurigakan.

“Saat kami tanya-tanya sikapnya mencurigakan. Tiba-tiba salah satu warga meneriaki itu pelakunya pak. Tidak lama kerumunan massapun terjadi,” kata Bripka Erik.

Warga yang marah datang mengeroyok. Secara bertubu-tubi mereka meluncurkan bogem mentah ke bagian tubuh pelaku.
Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kedua polisi itupun langsung berupaya menyelamatkan pelaku. Tubuh Bripka Erik berusaha melindungi pelaku dari amukan warga sembari melakukan evakuasi.
Pelaku langsung dievakuasi dengan menggunakan sepeda motor dengan dibocengkan diapit kedua polisi tersebut dan langsung diamankan ke Mapolsek.
Peristiwa pencurian tas di masjid sendiri dilakukan pelaku dengan modus sholat di masjid. Ketika itu, korban Hartoyo (42) warga Kandeman, Batang melakukan sholat di Masjid Jami’ Desa Karangsari.
Saat sholat, korban menaruh tasnya di samping kiri. Pelaku sendiri yang diketahui berinisial MY (47) warga Medono, Pekalongan Barat, berada di shaf belakang korban. Saat memasuki rakaat kedua, tiba-tiba pelaku mengambil tas milik korban dan langsung kabur meninggalkan masjid.
“Korban langsung mengejar, kemudian terjadi tarik-tarik tas. Tas berhasil direbut pelaku dan langsung kabur ke kerumunan di pasar,” kata Kasubag Humas Polres Pekalongan, Iptu Arkom.
Tas berisi uang sebesar Rp 1,2 Juta dan sebuah ponsel berhasil dibawa kabur pelaku.
“Pelaku sendiri akhirnya berhasil diamankan anggota saat melakukan patroli,” kata Arkom menambahkan, kasus itu masih dalam penanganan petugas Polsek Karanganyar. (mg/sur)

Selengkapnya Baca Koran Rakyat Memo Jateng Versi Cetak
Leave A Reply

Your email address will not be published.