Seperti yang Lain, Makam Mbah Moen Hanya Ditandai Batu

int
0 25

Nasional, Memo Jateng – Keluarga atau putra-putri KH Maimoen Zubair berangkat ke Mekah, Arab saudi untuk berziarah di makam kiai yang akrab disapa Mbah Moen, Selasa (7/8). Aktivitas mereka pun sempat tertangkap gambar kamera saat berada di makam Mbah Moen di pemakaman Al Ma’la Mekah.
Beredar pula sejumlah foto yang menunjukkan salah seorang putra Mbah Moen, yakni KH Majid Kamil MZ sedang berziarah. Di sebelahnya, nampak didampingi Waketum PPP Arwani Thomafi dan dua orang santri yang berada di belakangnya.
Saat dimintai konfirmasi, Arwani Thomafi membenarkan bahwa foto-foto itu diambil di depan pusara makam Mbah Moen. Lokasinya berada di baris keempat nomor 151.
“Diambil tadi pagi jam 06.30 waktu Saudi. Itu ada Gus kamil dan dua orang santri. Yang motret ya santri yang di bawah, jadi modelnya ada jalan di bawah gitu, terus agak naik. Jadi di tempat pemakamannya itu orang terbatas yang bisa naik ke sana. Agak ketat memang di dalam itu,” kata Arwani, Kamis (8/8).
Ia pun menggambarkan kondisi makam Mbah Moen saat ini. Pusara makam Mbah Moen, kata Arwani hanya ditandai dengan batu. Tidak ada nama yang tertulis di batu itu.
“Lokasi makam itu di Ma’la itu. Ada tanda 151, urutan keempat. Jadi di dinding itu ada tandanya 151, terus nanti dari angka itu ke arah timur urutan keempat. Itu saya menghadap ke barat kan, jadi dindingnya itu di depan kami ada empat dinding, nah itu yang ada tulisan 151 itu. Hanya ditandai dengan batu. Tidak boleh ada nama memang,” terangnya.
Dia menjelaskan, rombongan keluarga Mbah Moen yang berangkat dari Indonesia terdiri dari Arwani Thomafi, tiga orang putra Mbah Moen di antaranya Gus Rouf, Gus Kamil dan Gus Yasin, putri Mbah Moen Neng Ridyah dan suaminya yaitu Gus Anam.
Gus Yasin, Gus Rouf, Gus Anam dan Neng Rodiyah, kata Arwani, berziarah sebelum rombongan Gus Kamil dan Arwani.
“Keluarga lainnya itu sebelumnya. Jadi nggak sempat foto. Karena masih subuh, jadi ngga kefoto. Jadi dari tawaf, Gus Yasin, Gus Rouf, Gus Anam, Neng Rodiyah itu ke makam dulu, saya habis subuh baru ke sana. Jadi bergiliran, nggak boleh rame-rame itu,” jelasnya.
Rencananya, Gus Kamil, Gus Yasin dan Arwani akan pulang pada tanggal 14 Agustus mendatang selepas prosesi wajib berhaji selesai. Sementara Gus Rouf, Gus Anam dan Neng Rodiyah sementara akan tetap berada di Mekah untuk menemani istri Mbah Moen, agar tetap melanjutkan rangkaian ibadah haji.
“Rencana tanggal 14 pulang, selesai prosesi haji langsung pulang. Tetapi untuk Gus Rouf, Gus Anam dan Neng Rodiyah akan tetap di sana menemani Bu Nyai sampai ke Madinah nanti,” pungkasnya, seperti dikutip dari detik.com.(usa)

Selengkapnya Baca Koran Rakyat Memo Jateng Versi Cetak

Leave A Reply

Your email address will not be published.