Liverpool Kurang Strong di Bursa Transfer

int
0 12

Semarang, Memo Jateng – Aktivitas Liverpool di bursa transfer musim panas 2019 tampak kurang menonjol ketimbang klub-klub papan atas lain di berbagai liga Eropa. Apa sebabnya?

Aktivitas belanja sang jawara Liga Champions ini memang nyaris senyap. Hanya bek tengah Sepp van dern Berg saja yang dicomot Liverpool dari klub Liga Belanda, PEC Zwolle. Defender 17 tahun itu pun didatangkan Liverpool dengan biaya ‘murah meriah’, yakni 1,71 juta poundsterling (sekitar Rp 29,6 miliar).

Kondisi ini tentu kontras dengan investasi jorjoran yang ditunjukkan Liverpool era pelatih Juergen Klopp dalam beberapa musim belakangan. Ambil contoh musim 2018-2019, ketika The Reds mengeluarkan 163,98 juta pounds untuk membeli empat pemain baru.

Kendati kini Liverpool amat irit, Juergen Klopp mengaku biasa saja menghadapi strategi tim yang berbeda dalam bursa transfer.

“Kami sangat rileks terhadap aktivitas bursa transfer, kami akan melihat apa yang kelak terjadi,” kata Klopp seperti dikutip dari laman resmi Liverpool. “Apa yang bisa saya katakan adalah jendela transfer kali ini bukan menjadi kesempatan bagus buat Liverpool,” tutur Klopp menyambung.

Pelatih berkebangsaan Jerman ini menilai bahwa Liverpool terlah berinvestasi banyak dalam dua tahun terakhir. “Kami tidak bisa menghabiskan uang setiap tahun untuk urusan yang serupa,” kata Klopp menerangkan.

Strategi hemat yang dilakukan The Reds nyatanya membuat Juergen Klopp turut menyindir tim-tim lain di Eropa dengan pengeluaran boros.

“Orang-orang berkata, ‘Sekarang keluarkan lagi 300 juta atau 200 juta pounds’. Mungkin, hanya ada dua klub di dunia yang bisa begitu,” kata Klopp. “Klub itu seperti Barcelona dan Real Madrid. Manchester City dan PSG juga bisa melakukan hal serupa setiap tahun,” ujar sosok yang membawa The Reds menjuarai Liga Champions musim 2018-2019 itu.

Pria 51 tahun ini beranggapan bahwa solusi perbaikan skuad bukan hanya ditemukan dari aktivitas pembelian pemain. “Kami memiliki banyak solusi untuk segala situasi,” kilahnya, seperti menelan ludah sendiri.

Salah dan Firmino
Sementara itu, Klopp mengonfirmasi kabar segera bergabungnya Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Alisson Becker dalam waktu dekat ini.

Salah telah selesai dari masa liburannya seusai memperkuat timnas Mesir pada ajang Piala Afrika 2019. Kali terakhir, penyerang 27 tahun itu bermain untuk Mesir saat dikalahkan Afrika Selatan pada babak 16 besar Piala Afrika 2019 di Stadion Internasional Kairo (7/7/2019).

Sementara itu, Firmino dan Alisson baru saja berhasil mengantarkan timnas Brasil menjuarai Copa America 2019. Pada partai puncak, Brasil menggilas Peru dengan skor 3-1 di Stadion Maracana (8/7/2019). Ketiganya direncanakan akan kembali ke skuad tur pramusim Liverpool di Evian, Perancis.

“Mo (sapaan Salah) dan duo Brasil akan datang ke Evian,” ujar Klopp, dilansir Sky Sports dari situs resmi Liverpool. “Kami hanya memiliki minggu yang pendek sampai berjumpa dengan Manchester City di Community Shield,” katanya.

Untuk pertandingan terdekat, Liverpool dijadwalkan akan bentrok dengan Man City di Community Shield pada Minggu (4/8/2019). Setelah itu, The Red Devils akan menjamu Norwich City di partai pembuka Liga Inggris (10/8/2019) dan berhadapan dengan Chelsea di Piala Super UEFA 2019 (15/8/2019).

Klopp belum berani memastikan kembalinya Sadio Mane ke skuad. Mane saat ini masih dalam persiapannya untuk berlaga di partai puncak bersama timnas Senegal. Senegal dijadwalkan akan bentrok dengan Aljazair pada Sabtu (20/7/2019).

“Untuk Sadio (Mane), kami akan melihatnya setelah final. Bagaimana kondisinya untuk dipaksa ke skuad,” terang Klopp. “Ini akan sulit. Enam hari sebelum kami bermain dengan Man City, musimnya sudah selesai. Kami akan membuat keputusan secepatnya, tetapi kami belum memutuskannnya,” ujar Klopp. (reu/rif)

Selengkapnya Baca Koran Rakyat Memo Jateng Versi Cetak

Leave A Reply

Your email address will not be published.