Griezmann Termahal ke-5 di Dunia

int
0 4

Semarang, Memo Jateng – Barcelona resmi menggaet Antoine Griezmann dari Atletico Madrid. Juara La Liga 2018-2019 itu merogoh kocek hingga 120 juta euro (Rp 1,8 triliun) untuk mendapatkan tanda tangan pemain asal Prancis itu.

Jumlah itu tentu tak sedikit, bahkan masuk lima besar dalam sejarah pembelian pemain termahal di dunia. Secara khusus, Griezmann merupakan pemain keempat Barcelona yang masuk daftar 10 transfer termahal pesepak bola dunia.

Angka 120 juta euro milik Griezmann memang kalah jauh ketimbang transfer Neymar dari Barcelona ke Paris Saint-Germain (PSG) pada 2017 yang mencapai 222 juta euro.

Jumlah itu juga masih di bawah milik Kylian Mbappe yang hengkang dari Monaco ke PSG pada 2018 dengan nilai 180 juta euro. Jumlah itu bahkan masih kalah dari transfer wonderkid Portugal, Joao Felix, yang memilih meninggalkan Benfica menuju Atletico Madrid belum lama ini dengan nilai transfer mencapai 127,1 juta euro.

Transfer Griezmann senilai 120 juta euro juga masih di bawah transfer Philippe Coutinho dari Liverpool ke Barcelona pada 2018 senilai 120 juta, namun dengan beberapa tambahan mencapai 40 juta euro.

Sesuai pernyataan resmi klub, Griezmann akan menandatangani kontrak bersama Barcelona hingga lima musim ke depan, atau sampai 30 Juni 2024, dengan klausul pelepasan yang mencapai 800 juta euro (Rp 12 triliun).

Kontroversial
Griezmann akhirnya buka suara perihal transfer kontroversialnya ke klub juara La Liga tersebut. Ia mengakui salah satu alasannya memilih Barca adalah untuk bermain bersama Lionel Messi.

Namun ia belum benar-benar dikenalkan ke publik Camp Nou. Alih-alih, dia mengunjungi salah satu official store Barcelona, dan berpose dengan kostum baru Barca yang mencantumkan namanya.

Pada kesempatan itu, ia juga memberikan beberapa pesan pada fans Barca. Dia menegaskan diri sebagai bagian dari tim anyar Barca. Griezmann datang untuk menang.

“Saya sangat senang, sangat bersemangat, dan sudah tidak sabar bekerja bersama tim,” buka Griezmann dikutip dari Marca. “Di sini, saya menghadapi banyak tantangan baru, target baru, dan semoga saya bisa melakukannya dengan cara terbaik,” sambungnya.

Ia, katanya, sudah berbicara dengan Samuel Umtiti dan Ousmane Dembele, “Saya berteman dengan keduanya, dan saya ingin bersenang-senang dengan mereka,” sambungnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan pesona Lionel messi pada keputusan yang dia buat. Dia yakin tidak banyak pemain yang bisa menolak kesempatan bermain satu tim dengan Messi.

Lebih lanjut, Griezmann tahu keputusannya cukup kontroversial. Atletico Madrid marah besar karena menganggap Barcelona telah mendekati Griezmann melalui jalan yang tidak seharusnya. Biar begitu, Griezmann tak bisa menolak. Barcelona dan Messi terlalu menggoda untuk diabaikan begitu saja.

“Terkadang anda harus membuat keputusan seperti ini, dan bakal sangat menyenangkan bisa bermain di samping Lionel Messi,” imbuh Griezmann. “Saya ingin tahu bagaimana rasanya [satu tim dengan Messi] sehari-harinya dan di sesi latihan,” pungkasnya.

Berikut daftar 10 transfer termahal di dunia, yang empat di antaranya melibatkan Barcelona.

1. Neymar, Barcelona ke PSG (2017), 222 juta euro; 2. Kylian Mbappe, Monaco ke PSG (2018), 180 juta euro; 3. Joao Felix, Benfica ke Atletico Madrid (2019), 127,1 juta euro; 4. Philippe Coutinho, Liverpool ke Barcelona (2018), 120 juta euro* plus 40 juta euro; 5. Antoine Griezmann, Atletico Madrid ke Barcelona (2019), 120 juta euro; 6. Cristiano Ronaldo, Real Madrid ke Juventus (2018), 112 juta euro; 7. Ousmane Dembele, Borussia Dortmund ke Barcelona (2017), 105 juta euro* plus 40 juta euro; 8. Paul Pogba, Juventus ke Manchester United (2016), 105 juta euro* plus lima juta euro; 9. Neymar, Santos ke Barcelona (2013), 103,5 juta euro; 10. Gareth Bale, Tottenham Hotspur ke Real Madrid (2013), 101 juta euro. (lip/ora/rif)

Selengkapnya Baca Koran Rakyat Memo Jateng Versi Cetak

Leave A Reply

Your email address will not be published.