Barcelona Diinfus Valencia

int
0 12

Semarang, Memo Jateng – Barcelona mulai mempersiapkan kekuatan untuk menatap persaingan keras La Liga dan Liga Champions musim 2019-2020. Teranyar, mereka menggaet Norberto Murara Neto dari Valencia.

Pengumuman ini disampaikan Barcelona lewat akun Twitter-nya. Neto yang berasal dari Brasil menempati posisi penjaga gawang. Di skuat Barcelona, pemain berusia 29 tahun itu bakal menggantikan posisi Jasper Cillessen sebagai kiper pelapis Barcelona Marc-Andre ter Stegen.

Neto diboyong ke Camp Nou dengan nilai transfer sebesar 26 juta euro atau setara dengan Rp 418 Miliar. Ini belum termasuk tambahan yang jumlahnya tidak disebutkan Barcelona.

Neto merupakan penjaga gawang berpengalaman yang pernah memperkuat sejumlah klub elite seperti Juventus, Valencia, hingga Fiorentina. Sebelum gabung Barcelona pemilik nama lengkap Norberto Murara Neto itu telah tampil sebanyak 67 kali bersama Valencia.

Kedatangan Neto ke Barcelona dari Valencia pada bursa transfer musim panas 2019 menambah catatan pemain yang pernah membela kedua klub. Sepanjang sejarah, kedua klub tersebut sudah terlibat dalam transaksi pemain yang mengiringi persaingan mereka di dalam lapangan. Berikut adalah lima pemain Barcelona yang didatangkan dari Valencia.

David Villa
Dikenal sebagai salah satu penyerang terbaik dalam era sepak bola modern di Spanyol, David Villa membela Valencia pada 2005 hingga 2010. Sepanjang periode tersebut, Villa tampil dalam 225 pertandingan dan mencetak 129 gol di seluruh kompetisi. Villa juga mendapatkan gelar juara Copa del Rey dengan Los Che pada musim 2007/08.

Tetapi krisis keuangan klub yang bermarkas di Estadio Mestalla itu membuatnya dilepas ke Barcelona pada 2010 dengan nilai transfer 40 juta euro. Sepanjang kariernya dengan Blaugrana, Villa tampil dalam 119 pertandingan dan mencetak 48 gol.

Perjalanannya dengan Barca diwarnai berbagai permasalahan cedera walau kontribusinya dalam keberhasilan mendapatkan dua gelar juara La Liga, dua Piala Super Spanyol, serta masing-masing satu Champions League, Copa del Rey, dan Club World Cup membuatnya menjadi salah satu pemain penting mereka saat itu.

Jordi Alba
Jordi Alba merupakan salah bek kiri lulusan akademi Valencia yang membuktikan kualitas akademi klub tersebut dalam memproduksi pemain-pemain dengan bakat tinggi dalam sepak bola Spanyol. Alba membela Valencia pada 2009 hingga 2012, dan tampil dalam 110 pertandingan serta mencetak enam gol.

Alba direkrut Barca pada 2012 dengan nilai transfer 14 juta euro. Kehadirannya dalam skuat Blaugrana memberikan dampak yang signifikan terhadap kekuatan mereka ketika menyerang dari sisi kiri. Hingga saat ini, pemain berusia 30 tahun itu tampil dalam 300 pertandingan di seluruh kompetisi dan mencetak 15 gol.

Pemain dengan nomor punggung 18 tahun itu juga terlibat dalam keberhasilan mendapatkan tiga tigel La Liga, dua Copa del Rey, serta masing-masing satu Champions League, Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa, dan Club World Cup.

Jeremy Mathieu
Jeremy Mathieu bergabung dengan Valencia dari Toulouse pada 2009. Saat itu pemain asal Prancis tersebut dapat tampil sebagai bek tengah maupun kiri, kemampuan yang membuatnya menjadi salah satu pemain inti dalam skuat Los Che hingga 2014. Mathieu tampil dalam 182 pertandingan dan mencetak tujuh gol untuk Valencia.

Pada 2014, Barcelona mendatangkannya dengan nilai transfer 20 juta euro. Inkonsistensi dan permasalahan cedera membuatnya tidak dapat tampil maksimal dan hanya mencatatkan 91 pertandingan di seluruh kompetisi (dengan raihan empat gol).

Mathieu terlibat dalam keberhasilan timnya mendapatkan dua gelar La Liga, dua Copa del Rey, serta masing-masing satu Champions League, Piala Super Eropa, dan Club World Cup. Mathieu meninggalkan Camp Nou pada 2017 dan kini membela Sporting CP.

Andre Gomes
Andre Gomes bergabung dengan Valencia dari Benfica pada 2014 dan membela Los Che selama dua musim, mencatatkan 78 penampilan dan tiga gol di seluruh kompetisi. Barcelona mendatangkannya pada 2016 dengan nilai transfer 35 juta euro.

Bersama Barca, pemain asal Portugal itu mengalami kesulitan beradaptasi dan hanya tampil dalam 78 pertandingan (dengan raihan tiga gol) pada 2016 hingga 2018. Gomes terlibat dalam keberhasilan mendapatkan satu La Liga, dua Copa del Rey, dan satu Piala Super Spanyol.

Andre Gomes dipinjamkan ke Everton pada musim 2018/19 dan kini telah direkrut oleh The Toffees secara permanen.

Paco Alcacer
Paco Alcacer mengawali kariernya di akademi Valencia pada 2005 dan masuk ke skuat senior empat tahun kemudian. Berposisi sebagai penyerang, Alcacer membela Valencia hingga 2016 dengan catatan 124 pertandingan dan 43 gol di seluruh kompetisi.

Barca merekrut Alcacer dengan mengeluarkan biaya 30 juta euro. Tetapi pemain asal Spanyol itu tidak dapat menunjukkan kualitas performa yang diharapkan dan dipinjamkan ke Borussia Dortmund pada 2018 setelah mencatatkan 50 pertandingan dengan raihan 15 gol dengan Azulgrana.

Sebelum bergabung dengan Dortmund secara permanen, Alcacer terlibat dalam keberhasilan Barca mendapatkan gelar juara La Liga dan dua Copa del Rey. (bol/rif)

Selengkapnya Baca Koran Rakyat Memo Jateng Versi Cetak

Leave A Reply

Your email address will not be published.