Jadi Wanita Kedua

Camila Vallejo Antonia
0 20
Camila Vallejo Antonia
Perempuan kelahiran 28 April 1988 ini adalah wakil dari La Florida, Santiago di Chile House of Deputies dan anggota Komite Sentral Pemuda Komunis Chili. Sebagai presiden dari Federasi Mahasiswa Universitas Chilidan juru bicara utama Konfederasi Mahasiswa Chili, dia adalah pemimpin yang paling terlihat dalam protes mahasiswa Chili 2011.

Vallejo adalah putri dari Reinaldo Vallejo dan Mariela Dowling, keduanya anggota Partai Komunis Chili dan aktivis dalam perlawanan Chili selama kediktatoran militer Augusto Pinochet. Dia menghabiskan masa kecilnya di antara kabupaten Macul dan La Florida, dan dia belajar di Colegio Raimapu, sebuah sekolah swasta di La Florida.

Pada tahun 2006, Vallejo masuk Universitas Chile untuk mempelajari geografi. Disana, dia mulai membentuk hubungan dengan siswa kiri dan terlibat dalam politik, yang menyebabkan dia untuk bergabung dengan Pemuda Komunis Chili tahun berikutnya.Vallejo lulus sebagai ahli geografi pada bulan Juli 2013.
Dia konselor dari Federasi Mahasiswa Universitas Chili pada tahun 2008, dan terpilih sebagai presiden federasi mahasiswa pada bulan November 2010, dan menjadi wanita kedua untuk posisi ini dalam sejarah 105 tahun dari serikat mahasiswa.

Vallejo telah mengakuisisi perhatian publik sebagai juru bicara terkemuka dan sebagai pemimpin protes mahasiswa 2011 di Chile, bersama pemimpin mahasiswa lainnya, termasuk Giorgio Jackson dari Federasi Mahasiswa Universitas Katolik Chile dan Camilo Ballesteros dari University of Santiago, Federasi Mahasiswa Chili. Pada bulan Agustus 2011, Mahkamah Agung Chili memerintahkan perlindungan polisi untuk Vallejo setelah dia menerima ancaman pembunuhan.

Pada bulan Oktober 2011 ia terpilih menjadi anggota Komite Pusat Pemuda Komunis Chile di Kongres Nasional XIII. Pada tanggal 7 September 2011, Vallejo dikalahkan dalam upayanya untuk terpilih kembalinya Gabriel Boric, lulusan sekolah hukum.

Meskipun tidak menjadi presiden Federasi Mahasiswa Universitas Chili lagi, Vallejo terus muncul secara konsisten di media untuk membela gerakan mahasiswa dan hak-hak pekerja.

Pada bulan Agustus 2011, ketika Vallejo sebagai presiden federasi mahasiswa, kontrak antara presiden mahasiswa dan perusahaan yang bertanggung jawab atas penjualan program pra-universitas dibawa keatas oleh sekretaris eksekutif di mana presiden mahasiswa dipinjamkan penggunaan namanya dalam pertukaran untuk 30 juta peso Chili dengan tidak ada kontrol dari konten atau kualitas. Sekertaris eksekutif menambahkan bahwa tak ada yang tahu apa yang Vallejo lakukan dengan uang tersebut.

Sebagai tanggapan, Vallejo menyatakan bahwa nama pinjaman federas mahasiswa “itu bukan untuk keuntungan pribadi siapa pun”, tanpa mengatasi tujuan dana, kurangnya kualitas atau jenis kontrol atas biaya, dan disebut orang deklarasi “oportunistik”.Pada tanggal 23 Januari 2012, penerus Vallejo di presiden mahasiswa ini, Gabriel Boric, mengumumkan melalui akun Twitternya bahwa Federasi telah menghentikan kontrak.

Pada bulan November 2012, Vallejo diproklamasikan oleh Partai Komunis Chili sebagai salah satu kandidat mereka untuk Kongres di pemilihan 2013. Meskipun pada Januari 2012 Vallejo telah menyatakan bahwa ia “tidak pernah bersedia untuk kampanye” mendukung Michelle Bachelet, ia mengubah posisinya setelah Partai Komunis memutuskan untuk menawarkan dukungan untuk pra-kandidat presiden Sosialis.

Kemudian dia menyatakan bahwa “itu bukan keputusan yang mudah”. Vallejo dan Bachelet pertama kali bertemu di sebuah acara kampanye pada tanggal 15 Juni 2013. Setelah pemilihan nasional Chile dari 17 November 2013, Vallejo terpilih untuk mewakili 26 kabupaten La Florida dengan lebih dari 43 persen suara, salah satu kemenangan margin tertinggi dalam pemilu itu.(itr/mht)

Selengkapnya Baca Koran Rakyat Memo Jateng Versi Cetak

Leave A Reply

Your email address will not be published.