Bukti Kepiting Muda

Yingluck Shinawatra
0 48
Yingluck Shinawatra
Perempuan kelahiran 21 Juni 1967 ini adalah seorang pebisnis wanita, politisi, anggota Partai Pheu Thai, dan menjabat sebagai Perdana Menteri ke-28 Thailand, setelah memenangkan pemilihan umum 2011.
Yingluck Shinawatra adalah perdana menteri perempuan pertama yang memerintah Thailand, dan juga merupakan salah satu perdana menteri termuda Thailand selama 60 tahun tahun terakhir.

Lahir di Provinsi Chiang Mai dari keluarga kaya keturunan Tionghoa,Yingluck Shinawatra meraih gelar sarjananya dari Universitas Chiang Mai, dan gelar master dari Universitas Negeri Kentucky dengan jurusan administrasi publik.

Sosok ini sering dipanggil Pu yang berarti “kepiting”. Setamat kuliah, ia menjadi eksekutif di perusahaan yang didirikan oleh kakaknya, Thaksin Shinawatra, dan kemudian diangkat menjadi presiden pengembang properti Shin Corporation dan direktur pengelola di Advanced Info Service. Sedangkan kakaknya, Thaksin, menjadi perdana menteri, yang kemudian digulingkan dalam sebuah kudeta militer pada tahun 2006.

Pada bulan Mei 2011, Partai Pheu Thai, yang tetap menjalin hubungan dekat dengan Thaksin, mencalonkan Yingluck sebagai kandidat perdana menteri dalam pemilihan umum 2011.Pheu Thai menggalakkan kampanye dengan slogan “Thaksin Berpikir, Pheu Thai Melakukannya”.

Dia berjanji untuk memberdayakan Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi Independen Thailand (ITRC), panel yang dibentuk oleh pemerintah yang dipimpin Demokrat untuk menyelidiki pembunuhan tersebut. ITRC telah mengeluh bahwa pekerjaannya terhambat oleh militer dan pemerintah.

Dalam kampanyenya, Yingluck menyerukan keinginannya untuk melaksanakan rekonsiliasi nasional, pemberantasan kemiskinan, dan pengurangan pajak penghasilan perusahaan, meskipun program-programnya ini dicemooh oleh Partai Demokrat. Partai Pheu Thai berhasil menang telak dengan perolehan suara 47%, meraih 265 dari 500 kursi di Parlemen Thailand.

Saat berlangsungnya krisis politik pada bulan Mei 2014, Mahkamah Konstitusi Thailand mencopot Yingluck dari jabatannya sebagai perdana menteri atas dakwaan penyalahgunaan kekuasaan. Sebelumnya, pada 9 Desember 2013, Yingluck membubarkan parlemen negara itu dan mengadakan pemilihan awal dalam menghadapi protes anti-pemerintah. Beberapa minggu setelah Yingluck dimakzulkan, kudeta militer tahun 2014 terjadi.

Dalam pembacaan vonis, hakim pemimpin sidang mengatakan bahwa Yingluck sudah menyalahgunakan wewenangnya dengan memindahkan kepala dewan keamanan nasional, Thawil Pliensri ke jabatan lain pada 2011 hal tersebut dilakukan agar Priewpan Damapong, kerabat Yingluck Shinawatra bisa menduduki jabatan ini. Niwattumrong Boonsongpaisan untuk sementara ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas Perdana Menteri.

Selama masa Yingluck Shinawatra sebagai Perdana Menteri, ia melakukan perjalanan ke lebih dari 40 negara dalam upaya untuk memperkuat hubungan di antara mereka. Tujuannya termasuk peningkatan hubungan perdagangan dan peningkatan investasi bisnis ekspor, dan mempelajari manajemen sumber daya air.(itr/mht)

Selengkapnya Baca Koran Rakyat Memo Jateng Versi Cetak

Leave A Reply

Your email address will not be published.